Selama Ramadan, Ternyata Berselancar di Google dan You Tube Meningkat

Google Apps

Google Apps

SELAMA puasa di bulan Ramadan, pola perilaku masyarakat sudah menjadi tradisi. Dari tahun ke tahun biasanya kegemaran perilaku masyarakat sudah terpola menjadi kebiasaan. Google Indonesia merilis data terbaru terkait penggunaan internet oleh konsumen Indonesia selama Ramadan.

Data menunjukkan bahwa waktu tonton di YouTube pada Ramadan tahun 2016 tercatat meningkat 5 kali lipat. Kemudian volume pencarian di mesin pencarian Google
meningkat 2 kali lipat dibanding bulan lainnya.

“Misalnya video berupa tutorial hijab atau berbagai kebiasaan yang dilakukan selama puasa itu YouTube dan mesin pencarian Google meningkat,” kata Analis Industri di Google Ariani Dwijayanti, di kantor Google Indonesia, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Untuk di mesin pencarian Google tahun 2015, kata kunci “tiket kereta api” adalah kata yang paling banyak dicari selama bulan puasa. Di tahun 2016 “Al Quran” adalah yang paling banyak dicari pengguna, dengan volume pencarian yang meningkat hingga 9 kali lipat.

“Bagi sebagian besar orang Indonesia, Ramadan adalah momen untuk meluangkan lebih banyak waktu bersama teman dan keluarga. Penggunaan ponsel pun tercatat kian tinggi, baik itu untuk mencari resep masakan maupun untuk membeli berbagai barang menjelang lebaran,” jelas Ariani.

Google melakukan riset tentang aktivitas para pengguna YouTube dan Google selama Ramadan tahun lalu guna mencari tahu hal-hal yang dicari oleh konsumen di internet
sepanjang bulan suci, dan apa implikasinya bagi para pelaku marketing di tahun 2017.
Para pengiklan, kata dia, perlu memahami terdapat perbedaan dalam perilaku konsumen selama bulan Ramadan.

“Di sepanjang momen bulan puasa, terdapat 6 minggu yang masing-masing menampilkan ciri yang berbeda-beda, dan karena itu sebuah brand harus dapat membangun pesan yang relevan untuk tiap periode tersebut,” jelasnya.
(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …