Ini Manfaat Konsumsi Cangkang Telur untuk Kesehatan

Ilustrasi telur

Ilustrasi telur

POJOKSULSEL.com – Cangkang telur memiliki manfaat bagi kesehatan. Padahal, kebanyakan orang membuang cangkang telur karena dianggap tidak berguna.

Padahal, cangkang telur mengandung 95% kalsium karbonat yang bermanfaat untuk tulang dan gigi.

Kalsium diyakini dapat membantu mencegah osteoporosis dan juga digunakan untuk menyembuhkan sakit maag, gangguan pencernaan, dan sakit perut.

Cangkang telur mengandung komposisi senyawa kimia, dimana cangkang telur merupakan lapisan berkapur yang menyusun 9-12% dari berat telur total.

Cangkang telur tersusun kira-kira 94% kalsium karbonat, 1% magnesium karbonat, 1% kalsium fosfat, dan 4% bahan organik terutama protein. Selain itu, rerata dari cangkang telur mengandung 3% fosfor dan 3% terdiri atas magnesium, natrium, kalium, seng, mangan, besi dan tembaga.

Setengah cangkang telur bisa memberi Anda asupan harian yang disarankan. Tapi tunggu, kita tidak mengharapkan Anda mengonsumsi cangkang mentah atau makan telur rebus tanpa mengupasnya.

Sebagai gantinya ada alternatif lain bagaimana cara mengonsumsi cangkang telur dengan benar, cangkang perlu diubah kedalam bubuk terlebih dahulu.

Pertama, cangkang dianjurkan agar direbus selama beberapa menit untuk membunuh bakteri dan kemudian dipanggang selama 10 menit di oven pada suhu 200 ° C.

Setelah dirasa cukup membunuh kuman, kemudian Anda bisa menggunakan penggiling kopi atau blender untuk mengubah cangkang menjadi butiran halus.

Butiran halus ini yang nantinya dapat ditambahkan ke smoothies atau sebagai asupan kalsium praktis, bisa juga ditaburkan pada makanan, seperti pizza dan pasta.

(mia/pojoksatu)



loading...

Feeds