Asosiasi Penulis di Hollywood Bakal Mogok, Produksi Film Terancam?

Ilustrasi

Ilustrasi

STUDIO-studio besar sedang deg-degan. Mereka sedang menghadapi kemungkinan ancaman mogok kerja para penulis yang tergabung dalam Writers Guild of America (WGA). Selasa lalu, eksekutif WGA telah memberi lampu hijau anggotanya untuk mogok. Dua hari terakhir, sejak Sabtu (29/4/2017), petinggi WGA bernegosiasi dengan pihak Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTP) untuk mendiskusikan tuntutan.

’’Anggota WGA yang setuju mogok mencapai 96,3 persen,’’ kata kuasa hukum WGA Ivy Kagan Bierman kepada Variety. ’’Ini mengejutkan sebenarnya. Kebanyakan penulis yang aku temui menolak mogok karena implikasi ekonominya begitu besar. Ternyata, mereka bersemangat,’’ lanjutnya.

Hari ini (1/5) kontrak WGA dengan AMPTP habis. Sejak 13 Maret lalu, AMPTP yang mewakili 350 studio, termasuk Paramount, 20th Century Fox, dan Sony, telah meminta perpanjangan kontrak. Namun, WGA mengajukan beberapa tuntutan. Yang utama terkait dengan kenaikan upah dan perbaikan jaminan kesehatan.

Sejak 2009 hingga 2015, jumlah skenario show yang harus ditulis bertambah menjadi dua kali lipat. Namun, para penulis tidak mendapat kenaikan gaji. Malah upah mereka turun rata-rata 23 persen. Dalam kontrak buletin, WGA menyebutkan bahwa saat ini merupakan peak TV. Artinya, produksi acara sedang banyak-banyaknya.

Namun, acara-acara tersebut cenderung memiliki episode pendek. Otomatis upah mereka lebih sedikit. Di sisi lain, ketika seorang penulis sudah dikontrak oleh sebuah show, mereka dilarang menulis untuk acara lainnya. Termasuk jika show itu sedang hiatus. Artinya, sumber penghasilan mereka juga berkurang.

Jika WGA betul-betul akan mogok, hal tersebut akan sangat memengaruhi banyak acara TV favorit kita. Saturday Night Live, The Late Show with Stephen Colbert, The Tonight Show Starring Jimmy Fallon, dan Jimmy Kimmel Live bisa berhenti tayang secara mendadak.

Hal itu juga akan berimbas pada serial TV yang tayang musim panas mendatang. Antara lain, Game of Thrones, Orange Is the New Black, dan Twin Peaks. Belum lagi film-film bioskop yang akan mulai diproduksi.

Pemogokan juga akan berpengaruh pada acara awards. MTV Movie and TV Awards yang tayang 7 Mei nanti akan menjadi acara awards pertama yang bakal terpengaruh.

Begitu juga Tony Awards yang tayang di CBS pada 7 Juni. Bukan tak mungkin Golden Globes juga terkena imbasnya. Kali terakhir, pemogokan anggota WGA terjadi pada akhir 2007. Penulis harus boikot selama 100 hari sebelum tuntutan mereka dipenuhi.

(adn/c20/na/jpg/pojoksulsel)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …