Menpan RB dan Gubernur Sulsel Hadiri Hut Satpol PP di Lutim

GUBERNUR Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo didaulat menjadi inspektur upacara (irup) pada Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-67 dan Satuan Pelindungan Masyarakat (Linmas) ke-55 Tahun 2017 Provinsi Sulsel yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kota Malili, Kabupaten Luwu Timur (Lutim).

Apel peringatan ini diikuti oleh jajaran Satpol PP Sulsel, Satpol PP Kabupaten Kabupaten Lutim, dan Satpol PP kabupaten/kota se Sulsel, Pasukan TNI-Polri dan pasukan Linmas se Kabupaten Lutim.

Hadir dalam Peringatan tersebut, Menteri PAN RB Asman Abnur, Anggota DPR RI A. drg.Fauziah Pujiwatie Hatta dan Amran, Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur H.M.Thorig Husler dan Irwan Bachri Syam, Ketua DPRD Kabupaten Luwu Timur Amran Syam dan Anggota DPRD Kabupaten Luwu Timur, Kepala Satpol PP Provinsi Sulawesi Selatan Ikbal Suaeb, Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu Timur Bahri Suli, Kasat Pol PP Kabupaten Luwu Timur Indra Fawzy serta Kepala Satpol PP kabupaten/kota se- Sulsel dan pejabat penting lainnya.

Upacara diawali dengan pemeriksaan pasukan yang dilakukan oleh Gubernur Sulawesi Syahrul Yasin Limpo didampingi Men PAN RB, Asman Abnur dengan mengenakan pakaian lengkap Satpol PP. Mereka berkeliling melihat satu persatu kesiapan pasukan sebelum menuju panggung yang menjadi mimbar pemimpin upacara dan tamu undangan.

Dalam amanat Menteri Dalam Negeri RI, yang dibacakan Gubernur Sulsel, selain mengucapkan selamat atas hari jadi Satpol PP ke-67 dan ke-55 Satuan Perlindungan Masyarakat, juga menghaturkan rasa bangga dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada anggota Satuan Perlindungan Masyarakat dan Satuan Polisi Pamong Praja atas pengabdiannya dalam mengemban tugas-tugas dan memberikan perlindungan serta pelayanan yang tulus demi mewujudkan rasa tertib, tenteram, dan aman kepada masyarakat.

Dalam bagian petikan sambutan Mendagri, bahwa Satuan Polis Pamong Praja (Satpol PP) merupakan potensi besar yang harus dimanfaatkan. Hal tersebut bertambah kuat dengan pemanfaatan anggota satuan perlindungan masyarakat dan anggota pemadam kebakaran dibawah pembinaan teknis Satpol PP dengan berbagai pelibatan kegiatan seperti deteksi dini, pengamanan, pertahanan, bencana dan lain sebagainya.

Ia juga berpesan, dengan semakin matangnya Satuan Polisi Pamong Praja yang didukung oleh kekuatan satuan perlindungan masyarakat dan pemadam kebakaran haruslah dimanfaatkan secara optimal.

“Untuk saya mendorong keterlibatan Satuan Polisi Pamong Praja dalam komunitas intelejen daerah agar informasi informasi dapat direspon secara cepat , tepat, mengingat Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat merupakan salah satu komponen yang sehari hari bersinggungan langsung dengan masyarakat,” ujar Syahrul dalam sambutannya.

Peringatan hari ulang tahun Satpol PP dan Satuan Perlindungan Masyarakat mengambil tema “Peningkatan Peran Satuan Polisi Pamong Praja dan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Menjaga Kemajemukan Masyarakat di Daerah.”

Sementara, Kepala Satpol PP Kabupaten Lutim Indra Fauzy mengatakan, apel gelar pasukan merupakan acara puncak peringatan HUT ke-67 Satpol PP dan HUT ke-55 Satlinmas setelah beberapa hari sebelumnya menggelar berbagai kegiatan.

“Peserta apel gelar pasukan diikuti sebanyak 1250 peserta dari berbagai kota/kabupaten se Sulawesi Selatan” ungkapnya usai apel gelar pasukan.
Dikesempatan tersebut Gubernur Sulawesi Selatan juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada Satuan Polisi Pamong Praja Teladan dan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Teladan masing masing daerah serta penyerahan tongkat komando kepada masing masing Kepala Satpol PP.

Sebelum acara dimulai seluruh pasukan dari semua unsur melakukan devile pasukan yang mereka berjalan kompak didepan panggung upacara lokasi upacara.

Dalam devile tersebut, pasukan Satpol PP Kabupaten Luwu Timur keluar sebagai juara pertama.

Rilis:

Hendra Torama



loading...

Feeds