HUT ke-14, IPM Luwu Timur Capai 70,95 Persen

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri HUT Luwu Timur

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat menghadiri HUT Luwu Timur

POJOKSULSEL.com, MALILI – Kabupaten Luwu Timur telah memasuki usia 14 Tahun. Meski masih belia, daerah ini terus menunjukkan perkembangan yang semakin baik.

Di bawah nahkoda HM Thorig Husler, sebagai Bupati dan Irwan Bachri Syam, sebagai Wakilnya, program dan kebijakan di sektor prioritas, seperti pertanian dalam arti luas, pendidikan, kesehatan, industri, hingga pariwisata terus dipacu untuk mendukung daya saing daerah.

Puncak peringatan hari bersejarah bagi pemerintah dan masyarakat Luwu Timur ini terasa semakin istimewa.

Selain dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, juga hadir pula Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Asman Abnur, sejumlah pejabat eselon I di Kementerian, anggota DPR-RI, para bupati dan walikota se Sulawesi Selatan serta ribuan undangan dari seluruh kecamatan di Luwu Timur yang dipusatkan di City Center Luwu Timur (CCLT), Sulsel, Kamis (4/5/2017).

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler mengatakan Kabupaten Luwu Timur sangatlah potensial karena memiliki berbagai keunggulan. Keunggulan itu, kata Husler meliputi kekayaan sumber daya alam, letak geografis yang stategis berada di wilayah perlintasan dua Provinsi yakni Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara, serta modal sosial yang pengaruhnya sangat dominan.

Dengan keunggulan itu, kata Husler, segala potensi harus dimaksimalkan dengan melibatkan seluruh stakeholder dan didukung manajemen birokasi yang efisien, maka target- target pembangunan yang telah diprioritaskan akan bisa di capai.

Berdasarkan Data Statistik 2016, kata Husler, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mencapai 70,95. Hal ini menempatkan Luwu Timur peringkat ke 4 dari 24 Kabupaten/Kota se Sulawesi Selatan.

Dari sisi pertumbuhan ekonomi masih ditopang sektor tambang sebesar 61,96 persen dan dari sektor pertanian dalam arti luas sebesar 17,69 persen. Dari sisi Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) tahun 2016 mencapai 76,40. Nilai ini masuk kategori mutu pelayanan dengan peringkat “B”. Itu artinya rata-rata pelayanan publik masuk kategori pelayanan baik.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo mengatakan perkembangan yang baik menunjukkan peradaban semakin moderen. Menurutnya gambaran capaian yang diutarakan Bupati menunjukkan bahwa pelayanan pemerintahan berjalan baik. Hal ini pasti tidak terlepas dari kebersamaan seluruh stakeholder sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik.

“Kalo ibaratnya ini naik kelas, Luwu Timur sangat berhasil. Bahkan Cumlaud,” kata Syahrul disambut tepuk tangan masyarakat.

Gubernur bahkan menjanjikan bantuan bagi pemerintah Luwu Timur senilai Rp 1 Milyar untuk penataan Lapangan CCLT. Disamping itu, ia juga menyerahkan bantuan lainnya seperti bibit jagung, bibit ikan dan bantuan lainnya yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara Menpan RB, Asman Abnur mengatakan seluruh ASN harus mensukseskan visi misi pemerintah daerah. Menurutnya target maupun skala prioritas pemerintah daerah haruslah menjadi tujuan utama pembangunan.

“Target pembangunan akan tercapai jika semua unit kerja saling bersinergi. Saling mendukung satu sama lain. Hilangkan ego sektoral. Terapkan reward dan punishment serta libatkan masyarakat dalam pembangunan,” tandas Asman.

Dalam acara itu Bupati Luwu Timur menyerahkan mobil operasional bagi Desa, mobil ambulance hasil CSR Bank Sulsel, ratusan rumah bagi nelayan, puluhan motor bagi pengawas sekolah, ratusan tas sekolah bagi siswa dari PT Alfamidi. Disamping itu, Bupati juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Kemurgi Indonesia dan PT Kaltim Industrial Estate untuk pengembangaan industri pertanian.

Puncak hari jadi ke 14 Luwu Timur ditutup dengan pencanangan-pencanagan oleh Gubernur Sulawesi Selatan antara lain pencanangan inseminasi buatan, penyebaran bibit ikan, penanaman jagung, pembangunan pabrik CPO di Angkona. Khusus untuk peresmian pelabuhan Waru-Waru di Lampia, Syahrul berjanji dalam waktu dekat akan mengundang menteri terkait untuk meresmikan. (bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Indonesia Vs Vietnam: Laga Krusial

KALAU timnas Indonesia U-22 ingin lolos ke semifinal, kuncinya adalah memangangkan pertandingan Selasa malam ini (22/8). Tim berjuluk Garuda Muda …