TIF 2017 Eksplor Kesenian Tradisional Toraja

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Toraja International Festival (TIF) akan kembali dihelat di Kete’ Kesu’, Toraja Utara pada bulan Juli 2017 mendatang.

Pelaksanaan event bertaraf internasional ini akan menyajikan hampir semua kesenian tradisional Toraja seperti Mangada, Madandan, Manimbong, Pagelu, Karombi, Maranding, dan Toraja Choir.

Direktur Lokaswara Franki Raden menyebutkan penyelanggaraan TIF di tahun pertama sampai keempat berhasil memperoleh perhatian dunia.

Sebab menurutnya, budaya megalitik Toraja merupakan sebuah warisan peradaban dunia yang sangat berharga.

“Karena itu, TIF selalu berusaha menampilkan dan menggali jenis kesenian Toraja, yang telah hidup selama ribuan tahun,” kata Franki Raden.

Lanjut Franki Raden, kegiatan ini adalah upaya untuk mendatangkan berbagi grup dan berbagai kesenian masyarakat dunia ke Toraja.

Tidak hanya itu, Franki Raden berharap Toraja akan menjadi simbol dari pertemuan dari pertemuan segala bangsa di dunia.

Untuk mewujudakan harapan itu, pelaksanan TIF 2017 akan mendatangkan para peserta dari berbagai Negara seperti Korea, Hongaria, Spanyol, Jepang, Taiwan, Amerika.

Sementara itu, Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rianto Kadang mengatakan, TIF akan terus mendorong lonjakan wisatawan ke Toraja.

Ia berharap Disbudpar Sulsel dapat terus memberikan dukungan pada Pemerintah Daerah Toraja, agar bisa terus termotivasi untuk lebih meningkatkan kualitas pariwisata di Toraja.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds