Ini Faktor Penyebab Kekalahan Ahok di Pilkada DKI Versi LIPI

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

LEMBAGA Ilmu Pengetahuan Indonesia menilai ada dua faktor mengapa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) bisa kalah dari Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta. Salah satunya kata Peneliti Pusat Penelitian Politik LIPI Sri Yanuarti, karena Ahok terpancing dengan penggunaan isu agama.

Karena fokus dengan isu agama yang mengena pada dirinya secara langsung, Ahok mengabaikan isu lain yang harusnya menjadi prioritas. “Dia meninggalkan isu tentang persoalan kinerja, kebutuhan masyarakat kecil dan sebagainya yang diambil oleh Anies,” ujarnya di Kantor LIPI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (3/5/2017).

 

Adapun persoalan masyarakat kecil yang diambil Anies misalnya rumah dengan DP 0 persen dan OK-Otrip yang merupakan konsep untuk menerapkan tarif transportasi terintegrasi sebesar Rp 5.000.

Program-program yang ditawarkan Anies bersama pasangannya, Sandiaga Uno memantik perhatian masyarakat atau kelompok-kelompok marjinal, yang sebelumnya menjadi basis dari PDIP. Adapun PDIP merupakan partai pengusung Ahok dan Djarot Saiful Hidayat di Pilkada DKI Jakarta 2017.

“Tapi karena Ahok terpancing persoalan isu agama dan fokus soal itu, maka itu menjadi basis yang tidak sepenuhnya dirawat dan mungkin jadi salah satu faktor,” jelas Sri.

Namun faktor paling besar penyebab kekalahan Ahok adalah kapitalisasi agama dengan isu yang dilakukan secara masif. Itu, kata Sri, diakui Eep Saefulloh Fatah yang merupakan konsultan tim pemenangan pasangan Anies-Sandi.

Beredar di media sosial kala itu, Eep mengatakan dirinya ingin jaringan masjid menjadi alat untuk mengalahkan kandidat petahana, Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok. “Bagaimana gunakan masjid dan itu memang pengakuan yang direncanakan. Barangkali dia tidak hitung impact dari strategi yang dilakukan,” pungkas Sri.

(dna/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

korupsi, korupsi ektp, setnov, setya novanto, setnov korupsi ektp, setnov ditahan, setya novanto ditahan

Tim Dokter: Setya Novanto Sehat

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) memastikan, tersangka kasus korupsi e-KTP Setya Novanto yang sudah sejak Jumat (17/11) …