Fakta Unik yang Terjadi Saat Anak Tidur

Ilustrasi. IST

Ilustrasi. IST

BANYAK fakta unik seputar kebiasaan anak saat tidur. Anak biasanya melakukan hal-hal mengemaskan saat tidur. Misalnya mengigau, bersuara, tersenyum, dan kegiatan lucu lainnya.

Dokter Spesialis Anak Markus M Danusantoso dalam talkshow bersama para ibu di Mal Kota Kasablanka menjelaskan agar anak bisa tidur dengan nyenyak, ibu wajib menghindari kebiasaan pada anak. Misalnya hindari minuman dengan kafein, cokelat, dan soda bagi anak.

 

“Jika tidak. Maka akhirnya terbangun. Jangan dikasih susu sebelum tidur jika sudah sikat gigi nanti rongga mulutnya berjamur. Lalu jangan nonton TV atau main gadget,” tegasnya.

Markus juga menyebutkan sejumlah fakta unik soal anak yang sedang tertidur. Markus juga mengimbau agar para ibu tidak lagi membiarkan anak tidur satu ranjang dengan orang tua terlalu lama.

1. Mata Bayi Terpejam Saat Minum ASI

Seringkali bayi minum ASI di puting ibunya dengan mata yang terpejam. Namun mulutnya masih terus bergerak menyusu.

“Ada penelitian bahwa grafik otak bayi saat bersikap seperti itu dianggap sama seperti tidur. Enggak masalah. Kita enggak anggap itu sebagai bangun,” kata Markus.

2. Jangan Tidur Satu Ranjang Hingga Anak Besar

Markus menyarankan agar setelah bayi berusia lebih dari 4 bulan, jamgan lagi tidur satu ranjang dengan orang tuanya. Hal itu akan membuat bayi tumbuh menjadi anak yang manja.

“Caranya minimal anaknya jangan tidur di tempat tidur yang sama. Misalnya kasurnya terpisah tetapi masih satu ruang kamar tidur. Itu untuk melatih disiplin dan kemandirian agar anak enggak rewel,” jelasnya.

3. Gigi Berbunyi Gemeretek

Saat anak tertidur seringkali terdengar bunyi gigi yang beradu. Menurut Markus hal itu normal.

“Nanti menjelang umur 5-6 tahun ke atas akan berkurang. Selama itu masih terjadi, anak tak boleh lihat sesuatu yang takut atau jijik. Tapi itu sebetulnya normal nanti hilang sendiri,” jelasnya.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds