DP Rumah 0%, Tunggu Ya…

Gubernur Jakarta terpilih Anies Baswedan

Gubernur Jakarta terpilih Anies Baswedan

KEMENANGAN Anies-Sandi dalam Pilgub DKI Jakarta tidak bisa dilepaskan dengan terobosan program kerja yang dijanjikan pada warga ibu kota. Salah satunya, program rumah dengan down payment (DP) Rp 0. Magnet program itu sangat kuat sehingga Anies-Sandi tidak boleh ingkar janji.

Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economic and Finance (Indef) Berly Martawardaya mengatakan, pemerintah harus memberikan pengetatan terhadap warga yang ingin membuat KTP Jakarta. Sebab, bukan tidak mungkin masyarakat luar Jakarta tertarik dengan program itu, dan membuat KTP Jakarta.

“Iya, pengketatan membuat KTP harus diperketat,” ujar Berly dalam diskusi bertemakan Tantangan Mewujudkan Perubahan dan Rekonsiliasi, Cikini, Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Menurut Berly, tidak mungkin Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan semua rumah kepada warga yang baru tinggal di DKI Jakarta. “Kalau yang datang 500 ribu orang ya sangat berat untuk di cover APBD DKI,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, program rumah tanpa DP itu tidak akan bisa diterapkan pada 100 hari kerja Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Pasalnya APBD DKI Jakarta sudah diketok palu dan masih menggunakan program-program Ahok. Sehingga, pada 2018 program itu kemungkinan baru bisa dilaksanakan.

“Itu enggak tahun ini, paling tahun depan, justru kalau di paksa akan sangat jelek,” tuturnya.

Sebelumnya, Anies Baswedan mengatakan skema program rumah DP Rp 0 bisa direalisasikan dengan satu cara. Yakni, masyarakat yang ingin membeli rumah diminta menabung selama 6 bulan di bank milik Pemda Jakarta, Bank DKI. Uang hasil menabung selama 6 bulan ini sebagai pengganti DP yang nilainya mencapai 10 persen dari harga rumah.

“Jadi menabung dulu di bank selama 6 bulan yang nilai tabungannya bisa sampai 10 persen, dari situ dihargai sebagai pengganti DP-nya,” terang Anies Baswedan dalam kampanyenya beberapa waktu lalu.

Cicilan jangka panjangnya bisa mencapai 30 sampai 35 tahun, dan program ini hanya diperuntukkan bagi warga ber-KTP DKI Jakarta.

Anies menerangkan bahwa program ini bukan berarti menyediakan rumah, tapi hanya sebatas kredit rumah tanpa DP. Anies mengatakan lokasi rumahnya terserah yang bersangkutan.

(cr2/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

firza husein, selebriti, kasus firza husein, foto hot firza husein, habib rizieq, firza husein dan habib rizieq, kasus pornografi firza husein, foto mesum firza husein, chat mesum habib rizieq

Habib Rizieq Pulang Besok?

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) dikabarkan akan pulang ke Indonesia besok, Jumat (22/9/2017). Namun, hal itu …

Ini Kunci Kebahagiaan Sandra Dewi

POJOKSULSEL.com – Artis Sandra Dewi membocorkan kunci kebahagiaannya dalam menjalani hidup. Sandra pun tak pelit mengungkap apa yang menjadi kunci …