Jaga Marwah Khalwatiyah Syekh Yusuf, Tobo Khaeruddin Mundur Sebagai Ketum

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Ketua Dewan Mursyid Jam’iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassary, Syekh Sayyid Abdul Rahim Assegaf Puang Makka mengumumkan adanya reposisi atau penyegaran kepengurusan Dewan Tanfidziyah Jam’iyah Khalwatiyah Syekh Yusuf Al Makassary, Kamis (20/4/2017), saat gelar jumpa pers di Baji Bicara No. 7 Makassar.

 

Di antara pengurus yang diganti adalah Ketua Umum M. Tobo A. Khaeruddin dan Sekretaris Jenderal Mahmud Suyuti. Syekh Puang Makka mengatakan pergantian ketua umum karena Tobo menyatakan mengundurkan diri karena saat ini sedang menjabat di salah satu partai politik.

 

“Dalam aturan kami jelas, bahwa pengurus yang terlibat di parpol tak bisa menjadi pengurus di Khalwatiyah Syekh Yusuf. Karena khalwatiyah syekh yusuf lahir untuk menaungi semua golongan dan tak ikut dalam politik praktis mendukung kelompok tertentu,” jelas Puang Makka.

 

Mursyid ke-12 Khalwatiyah Syekh Yusuf ini menuturkan bahwa surat pengunduran resmi Tobo diterima pada 8 April 2017. Sehingga pada 16 April 2017, Dewan Mursyid yang dipimpin langsung Syekh Puang Makka pun memutuskan untuk menetapkan pengganti antar waktu (PAW) yakni M. Yazid Saleh Busthami sebagai Ketum dan Asep Saefullah selaku Sekjend.

 

Yazid dan Asep akan melanjutkan kepengurusan hingga tahun 2018 mendatang. “Karena kebetulan ketua umum telah mundur maka kami mempertimbangkan untuk sekaligus menyegarkan pengurus dengan mengganti sekjen dan beberapa pengurus lainnya yang sudah wafat dan yang bertugas di luar daerah,” ungkap Puang Makka.

 

Rencananya pengurus baru akan dilantik pada 11 Mei 2017 di Gedung Balai Manunggal Makassar yang bertepatan dengan acara haul ke-11 wafatnya Mursyid ke-11 Khalwatiyah Syekh Yusuf, Syekh Sayyid Djamaluddin Assegaf Puang Ramma, yang akan dihadiri sekitar 5.000an jamaah yang tersebar di beberapa kabupaten.

 

Tobo Khaeruddin yang juga hadir dalam jumpa pers itu mengungkapkan, dirinya secara sadar mengundurkan diri karena menjaga marwah tarekat Khalwatiyah Syekh Yusuf.

 

Meski telah mundur sebagai ketum dan aktif sebagai Ketua OKK Partai Nasdem Sulsel, Tobo menegaskan dirinya tetap memegang teguh ajaran Khalwatiyah yang dibawa oleh Syekh Yusuf Al Makassary yang kini dilanjutkan oleh Mursyid Syekh Puang Makka.

 

“Saya bukan orang politik yang bertarekat tapi saya orang tarekat yang terlibat dalam politik untuk menciptakan demokrasi yang berkualitas. Dan sebagai murid saya sami’na wa atha’na kepada mursyid,” jelas Tobo.

 

Tobo pun menitipkan pesan kepada Ketum dan Sekjend yang baru untuk menjaga soliditas jamaah khalwatiyah yang selama ini terbangun.

 

“Saya mohon maaf kalau ada hal yang tak berkenan karena tak lepas dari manusia biasa. Insya Allah kerja kerja kemanusiaan akan terusnkita lanjutkan,” ucap Tobo.

 

(rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds