Hilang 20 Tahun, Difabel Asal Kalimantan Barat Ditemukan di Bulukumba

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Dewi (40) warga penyandang difabel asal Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat akhirnya ditemukan di Kabupaten Bulukumba, setelah menghilang selama 20 tahun.

 

 

Penemuan Dewi berawal dari temuan petugas sosial Kecamatan Bontotiro terkait, adanya warga difabel yang mengalami tekanan mental pada awal April. Selanjutnya, petugas tersebut menghubungi Andi Sudirman, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Bulukumba.

 

Selanjutnya pada 14 April 2017, Dewi diserahkan ke Dinsos Sulsel yang diterima langsung Kabid Rehabilitasi Dinsos Sulsel Fadli Lesmana. Dewi akan mendapatkan pemulihan di shelter P2TP2A dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (DP3A) Sulsel, sebelum dipulangkan ke daerah asalnya di Kabupaten Sambas Kalimantan Barat.

 

Pada hari yang sama, Dewi langsung dibawa ke DP3A Sulsel yang diterima oleh kepala UPT unit pelayanan pusat perlindungan perempuan dan anak (P2TP2A ) Moh. Husni Tamrin.

 

Andi Sudirman menyebutkan setelah identitas Dewi diketahui, petugas Dinsos Bulukumba langsung berkoordinasi ke Dinsos Sambas untuk mencari keberadaan orangtua Dewi.

 

Hanya selang beberapa hari kemudian, Dinsos Sambas menemukan orangtua Dewi di Kabupaten Sambas bernama Jumria. Adapun bukti yang diperlihatkan orangtua korban adalah KK, KTP dan Foto Dewi dan keluarganya.

 

Dari pengakuan Jumria diketahui, kehilangan Dewi setelah dideportasi dari Malaysia sebagai TKI sejak tahun 1997 silam. Dewi dibawa oleh seseorang diduga pelaku perdagangan anak ke Dumai Propinsi Riau. Sementara Jumria kembali ke Sambas.

 

Hingga pada tahun 2003, Ruslia, warga Bulukumba menemukan Dewi menjadi gelandangan di Dumai. Ruslia memutuskan untuk memelihara Dewi. Pada 2010, Ruslia membawa Dewi untuk menetap Parapara, Kecamatan Bontotiro.

 

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Victor Igbonefo psm makassar

PSM Makassar Incar Victor Igbonefo

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- PSM Makassar memulai memanaskan perburuan pemain menghadapi Liga musim 2018. Selain mencari striker berpaspor Asia, tim berjuluk Ayam …
deklarasi danny-indira

Ada Obama di Deklarasi Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bahar Ngitung (Obama) yang baru saja dilantik sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan bakal calon Gubernur Sulsel 2018, …

Golkar Resmi Usung Ibu Menteri

POJOJSULSEL.com – Partai Golkar resmi mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan ‎Bupati Trenggalek Emil Dardak, dalam Pilgub Jawa …
golkar maros, golkar sulsel, musda golkar maros, calon ketua golkar maros, ketua golkar maros, kandidat ketua golkar maros

Kader Muda: Golkar Kalah dari Setnov

POJOKSULSEL.com – Inisiator Generasi Muda Partai Golkar Mirwan Bz Vauly mengatakan, hasil pleno DPP PG menunjukkan bahwa partai berlambang pohon beringin itu …