Sekretariat DPRD-DPU Makassar Sosialisasi Perda PAL Domestik

Sekretariat Dewan DPRD Makassar menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah No 1 Tahun 2016 tentang PAL Domestik di Hotel Sarison, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulsel, Senin (16/4/2017). | POJOKSULSEL - CHAIDIR PRATAMA

Sekretariat Dewan DPRD Makassar menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah No 1 Tahun 2016 tentang PAL Domestik di Hotel Sarison, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulsel, Senin (16/4/2017). | POJOKSULSEL - CHAIDIR PRATAMA

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sekretariat Dewan DPRD Makassar menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Air Limbah (PAL) Domestik di Hotel Sarison, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin (16/4/2017).

Acara yang dibuka oleh Anggota DPRD Makassar, Andi Abd Kadir ini menghadirkan Kepala UPTD Pengelolaan Air Limbah Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Kerlinus Bumbungan dan Rosdiana dari Teknik Lingkungan universitas Hasanuddin sebagai narasumber.

Kerlinus memaparkan bahwa Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pekerjaan Umum sangat memperhatikan terhadap pengelolaan air limbah domestik dan peran perda PAL sangat bermanfaat dalam pengupayaan pembangunan instalasi PAL Kawasan.

“Peran Perda ini sangat bermanfaat dalam mengupayakan pembangunan IPAL Kawasan yang akan dibangun pada lahan seluas 5,1 Ha yang terkoneksi dengan 11 ribu sambungan rumah,” kata Kerlinus.

Dalam sesi tanya jawab, Kerlinus juga menanggapi pertanyaan beberapa peserta dari 150 yang hadir tentang prosedur menjadi pelanggan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) dan septik tank yang benar serta layak.

“Tinggal telepon UPTD PAL, dan tim akan membawakan format pengisian pernyataan minat terhadap L2T2 kepada yang bersangkutan. Sedangkan septik tank yang layak dan benar yakni kedap air serta mempunyai bidang dan ruang pengolahan sebelum dialirkan ke bidang resapan atau saluran air,” jelasnya kepada peserta

Sementara Rosdiana, membawakan materi mengenai sistem PAL. Ia menjelaskan bahwa Perda PAL yang dimiliki Makassar sangat bermanfaat dan banyak daerah yang melakukan studi komparatif tentang perda tersebut.

Dia juga memaparkan sistem PAL Makassar dengan sistem komunal, kawasan yang terpusat serta sistem L2T2 on call. Tidak ketinggalan, mengenai manfaat pengelolaan PAL domestik yang benar.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Tiara Dewi dan Lucky Hakim. FOTO: Dok. Jawa Pos

Lucky Hakim Lebaran tanpa Istri

POJOKSULSEL.com – Lucky Hakim akan menghabiskan lebaran tahun ini hanya seorang diri. Pasalnya, istrinya Tiara Dewi memutuskan berangkat melakukan ibadah …