Ingat! Stres Membuat Anda Gemuk

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Merasa stres berbulan-bulan bisa membuat Anda berisiko obesitas, hal ini menurut para ilmuwan dari University College London.

Para peneliti menggunakan rambut untuk mengukur kadar hormon stres kortisol dalam tubuh manusia.

Sampel rambut menyediakan data hormonal yang lebih akurat daripada jenis lain dari sampel, yang membuat peneliti yakin stres dan berat badan saling berhubungan erat.

Untuk penelitian yang diterbitkan di Obesitas, para peneliti mengumpulkan rambut lebih dari 2.500 pria dan wanita selama empat tahun.

Mereka kemudian menganalisis rambut untuk mengetahui akumulasi kadar kortisol. Sampel dipotong sedekat mungkin dengan kulit kepala dan mewakili pertumbuhan rambut selama sekitar dua bulan.

Para peneliti juga mencatat berat badan peserta, indeks massa tubuh (BMI) dan lingkar pinggang dari waktu ke waktu.

Dan mereka melihat hubungan yang jelas. Orang yang memiliki kadar kortisol di rambut mereka cenderung memiliki peringkat yang lebih tinggi pada tindakan fisik juga.

Bahkan, orang-orang yang diklasifikasikan sebagai obesitas berdasarkan BMI mereka (30 atau lebih) memiliki tingkat yang sangat tinggi dari kortisol di rambut.



loading...

Feeds

Bambang Gentolet. FOTO: JPNN

Selamat Jalan Bambang Gentolet…

POJOKSULSEL.com – Keluarga besar Srimulat kembali berduka. Setelah kepergian Eko DJ, kini grup lawak senior ini harus kembali kehilangan anggotanya. …
Ilustrasi ponsel Axioo M5+

Axioo M5+, Ponsel Anak Muda Kekinian

POJOKSULSEL.com – Axioo meluncurkan smartphone Axioo M5+. Perangkat pintar ini cocok untuk segmen menengah (mid-low) dengan desain inovatif dan elegan …