Besok, Datu Luwu “Manre Saperra” Bersama Masyarakat Lutra

Datu Luwu Andi Maradang Machkulau saat bersama Ustadz Maulana di Restaurant Lusiana, Luwu Timur, Sulsel, beberapa waktu lalu. | POJOKSULSEL - BAYU

Datu Luwu Andi Maradang Machkulau saat bersama Ustadz Maulana di Restaurant Lusiana, Luwu Timur, Sulsel, beberapa waktu lalu. | POJOKSULSEL - BAYU

POJOKSULSEL.com, LUWU UTARA – Datu Luwu Andi Maradang Mackulau akan menggelar ‘Manre Saperra’ atau makan bersama secara berhadapan pada satu garis lurus dan beralas kain putih dan berisi ritual-ritual bersama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Luwu Utara di sekitar Lokasi Kompleks Makam Datuk Pattimang, Desa Pattimang, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, Selasa (18/4/2017) besok.

Saat dikonfirmasi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lutra FP Pattuang membenarkan dan mengatakan jika kegiatan ritual budaya ini salah satu rangkaian HUT Lutra ke-18, juga sebagai nazar atau janji Datu Luwu untuk menjamu masyarakat santap bersama dengan memotong satu ekor kerbau dan satu ekor sapi.

“Agendanya besok. Konsepnya sama dengan yang lalu, Datu bersama masyarakat dan pemerintah duduk makan bersama,” kata Patuang.

Sebelumnya telah digelar ritual adat Malekke Wae dari Sungai Cerekang, Malangke yang diyakini masyarakat Luwu awal pertama kalinya turun Batara Guru. Lalu Malekke Wae dari Sungai Bua, Kabupaten Luwu.

Sementara, malam ini di gelar ritual adat Mattoana atau menerima tamu dan Ritual Maddoja Roja yakni dzikir semalam suntuk yang dilakukan oleh pemangku adat yang bertujuan agar mata air di Sungai Cerekang tetap memgalir.

(bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds

PM Australias Malcolm Turnbull dan Presiden RI Joko Widodo. INT

PM Australia Kutuk Bom Kampung Melayu

POJOKSULSEL.com – Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbul turut berbelasungkawa atas bom bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang menyebabkan …