Coach Robert Salah Tafsir Aturan Pergantian Pemain

Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts memberikan keterangan kepada media usai timnya mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 3-1. POJOKSULSEL/ISLAMUDIN DINI

Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts memberikan keterangan kepada media usai timnya mengalahkan Persela Lamongan dengan skor 3-1. POJOKSULSEL/ISLAMUDIN DINI

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts salah tafsir aturan pergantian di Go-jek Traveloka Liga 1.

Saat laga perdana mengahadapi Persela Lamongan di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin Makassar, Minggu (16/4/2017) malam tadi, Robert mengeluh karena timnya tidak tampil maksimal saat memasuki babak kedua.

Pelatih asal Belanda itu mengira, aturan dalam setiap pertandingan membolehkan lima pergantian pemain sama dengan aturan Piala Presiden.

Padahal, aturan sebenarnya, pergantian pemain memang bisa lima kali dalam satu pertandingan, tapi 2 pergantian khusus untuk pemain U-23.

Robert mengatakan, saat Liga diguirkan, semua tim mengira dalam satu pertandingan, tim bisa melakukan lima kali pergantian.

“Ketika saya mendapatkan aturan Liga, saya tanya pelatih tentang apa yang ada diaturan itu, mereka bilang sama dengan Piala Presiden yaitu bisa mengganti lima pemain,” katanya.

Memasuki babak kedua, kata Robert, ia berpikiran bahwa timnya bisa mengganti lima pemain. “Sebenarnya kami bisa saja mencetak banyak bola tadi di babak kedua,” kata Robert usai pertandingan.

Awal babak kedua, Robert sudah melakukan dua kali pergantian pemain dengan menarik dua pemain U-23, Arfan digantikan Rizky Pellu dan Reva Adiutama yang diganti Faturahman.

“Saat kami mau ganti pemain lagi, Imran (asisten pelatih Imran Amirullah) datang ke saya dan mengatakan hanya tinggal satu yang bisa kita ganti,” kata Robert.

Lalu, Robert kembali melakukan rotasi dengan menarik Gozali Siregar dan memasukan Ferdinand Sinaga. “Kami pikir masih ada lagi dua pergantian,” kata Robert.

Di bangku cadangan, nampak beberapa pemain sudah disiapkan termasuk pemain baru PSM Makassar Marc Anthony Klok.

Sayangnya, pergantian pemain untuk pemain senior sudah habis, sisa jatah pemain U-23.

“Padahal kita punya rencana siapa yang akan kita ganti, dengan merencanakan mengganti lima pemain,” kata Robert.

“Kita tanya komisi pertandingan, mereka tidak bisa jawab. Padahal itu memepengaruhi bagian dari babak kedua kami,” Robert menambahkan.

“Kalau misalnya kita dapat cedera di babak kedua tadi, kita bisa saja bermain dengan sembilan orang di akhir-akhir pertandingan,” keluh Robert.

Pada laga tersebut, PSM Makassar sukses mengamankan poin penuh setelah menang 3-1. Ketiga gol PSM Makassar tercipta dibabak pertma, masing-masing Reinaldo Elias da Costa menit 1′, Willem Jan Pluim (22′) dan M Rahmat (40′).

Lalu gol balasan Persela Lamongan tercipta dimenit 88′ oleh Ivan Carlos.

Kedua tim bermain dengan 10 pemain stelelah dua pemain diusir dsri lapangan karena kartu merah. Dikubuh PSM Makassar Ferdinand Sinaga yang diganjar kartu merah. Lalu pemain Persela Aang Suparman yang menerima kartu kuning kedua alias kartu merah.

(islamuddin dini/pojoksulsel)



loading...

Feeds