Gratis! 9 Lembaga Ini Mitra Masyarakat Miskin untuk Bantuan Hukum

Anggota DPRD Makassar Irwan Djafar | DOK. POJOKSULSEL

Anggota DPRD Makassar Irwan Djafar | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Anggota Pansus Ranperda Pelaksanaan Bantuan Hukum DPRD Makassar Irwan Djafar mengungkapkan penyelenggaraan pemberian Bantuan Hukum kepada warga, khususnya warga miskin, merupakan upaya untuk memenuhi dan sekaligus sebagai implementasi negara hukum yang mengakui dan melindungi serta menjamin hak asasi warga negara akan kebutuhannya terhadap keadilan(access to justice) dan kesamaan di hadapan hukum (equality before the law).

“Dalam UU telah ditegaskan, maka untuk menjamin terlaksananya hak konstitusional warga maka dibuatlah Perda ini,” ujar Irwan Djafar saat sosialisasi bersama ratusan masyarakat di Hotel Fave, Jalan Pelita Raya, Makassar (15/4/2017).

“Untuk itu, ada 9 lembaga bantuan hukum yang akui oleh pemerintah kota dalam mendampingi masyarakat yang kesulitan dalam perkara hukum,” tambah Irwan Djafar.

Sembilan lembaga tersebut yakni YLBHI LBH Makassar, PBHI Sulsel, UKBH FH-Unhas, LBH APIK Makassar, LKBaH-UMI, YLBH Justice Rakyat Makassar, PATUH-OI Kota Makassar, Yayasan Patriot Makassar, dan YLBH Makassar.

Lembaga tersebut, lanjut Irwan, tidak hanya melakukan pembelaan perkara hukum tetapi juga bertugas menjadi mediator jika terdapat persoalan.

“Ruang lingkupnya untuk masyarakat miskin di kota Makassar yang menghadapi masalah hukum baik pidana, perdata, tata usaha negara (TUN) baik litigasi dan non-litigasi, dan semuanya gratis,” tegas anggota dewan dari Fraksi Nasdem ini.

Karenanya, jika dalam pendampingan oleh lembaga hukum yang diamanahkan tersebut ternyata masih melakukan pungutan lagi terhadap masyarakat yang didampingi, maka akan ada sanksi tegas yang akan diberikan.

“Kalau kedapatan, pasti akan disanksi. Dan akan dikeluarkan dari daftar LBH yang terdaftar di Pemkot,” ujar Irwan.

(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Tiara Dewi dan Lucky Hakim. FOTO: Dok. Jawa Pos

Lucky Hakim Lebaran tanpa Istri

POJOKSULSEL.com – Lucky Hakim akan menghabiskan lebaran tahun ini hanya seorang diri. Pasalnya, istrinya Tiara Dewi memutuskan berangkat melakukan ibadah …