Ini Dia 9 “Keunikan” Walikota Palopo yang Anda Tidak Tahu

POJOKSULSEL.com, PALOPO – Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, hampir empat tahun memimpin Kota Palopo. Suami dr Hj Utiasari Umar ini, dikenal sebagai kepala daerah yang bersahaja, supel bergaul, dan humoris.

Pria yang lahir tanggal 2 Agustus 1949, ternyata memiliki banyak keunikan, yang belum diketahui banyak orang. Bahkan, keunikan yang dimiliki mantan Anggota DPRD Luwu ini membuat orang nyaman dekat dengannya, bahkan cepat akrab.

Nah, berikut ‘keunikan’ Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, yang perlu Anda ketahui:

1. Akrab dengan kata Gambo
Pernah mendengar kata gambo?
Kata gambo, dalam bahasa daerah Luwu (bahasa tae), berarti gampang bohong atau suka bohong. Kata ini, boleh dikata dipopulerkan oleh Wali Kota Palopo, HM Judas Amir. Kata ini paling sering diucapkannya. Namun, kata ini tidak sembarangan diucapkan Judas Amir. Kata gambo ini, biasanya dipakai Judas Amir menyapa orang-orang dekatnya, orang-orang yang akrab dengannya. Makanya, bagi orang yang akrab dengan Judas Amir, kerap disapa gambo olehnya. Misalnya, Judas Amir menyapa,”Darimana Gambo?”

2. Akrab disapa Om
Orang yang akrab dengan Judas Amir, kerap menyapa dan memanggil Wali Kota Palopo dengan kata Om. Bagi orang-orang dekatnya, meski tidak memiliki pertalian keluarga, kerap menyapa Judas Amir dengan panggilan Om. Panggilan Om ini sangat akrab bagi pemilik Akademi Keperawatan (Akper) dan Akademi Kebidanan (Akbid) Kamanre Palopo ini.

3. Tidak Suka Cium Tangan
Ini salah satu keunikan Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, yakni tidak suka jika tangannya dicium. Apalagi yang mencium tangannya adalah bawahannya, para pejabat di jajaran Pemkot Palopo. Entah apa alasannya, Judas Amir paling tidak suka tangannya dicium oleh bawahannya, kecuali yang mencium tangannya adalah keluarga terdekatnya, seperti anak dan cucu-cucunya.

4. Tinta Hijau
Selama menjabat Wali Kota Palopo, HM Judas Amir memakai pulpen dawat hijau. Semua tanda tangannya memakai pulpen berwarna hijau. Termasuk menandatangani berkas-berkas penting. Makanya, di jajaran Pemkot Palopo, sudah jadi rahasia umumtinta hijau sangat dikenal sebagai ‘identitas’ khusus Judas Amir.

5. Lembar Disposisi
Nah, ini juga satu keunikan khusus Wali Kota Palopo, HM Judas Amir. Yakni, Judas Amir akan menolak menandatangani berkas-berkas penting dalam birokrasi pemerintahannya, jika memakai lembar disposisi warna kuning. Judas Amir langsung menandatangani surat tanpa lembar disposisi dengan sebaris kalimat yang tidak pernah berubah-ubah, yakni proses sesuai ketentuan berlaku. Tampaknya, keunikan ini karena Judas Amir sangat berhati-hati menandatangani setiap berkas-berkas sebagai kepala daerah.

6. Selalu Ganti Nomor Ponsel
Selama menjabat Wali Kota Palopo, HM Judas Amir sudah puluhan kali ganti nomor ponsel. Ini karena, seringnya ponsel miliknya hilang. Alasan ini membuat Judas Amir kerapkali ganti nomor ponsel. Menariknya, ponsel yang dipakai orang nomor satu di Pemkot Palopo bukanlah ponsel mewah dan harganya mahal, tapi ponsel nokia biasa yang kisaran harganya tak sampai Rp500 ribu.

7. Jarang Pakai Dompet
Ini juga satu keunikan Wali Kota Palopo, HM Judas Amir. Nyaris tidak pernah terlihat memakai dompet. Uang cukup dikantongi saja.

8. Sering Duduk di Samping Sopir
Sebagai Wali Kota Palopo, HM Judas Amir termasuk kepala daerah yang sangat low profile. Nyaris tidak berlaku keprotokeleran baginya. Salah satunya, kadang Judas Amir memilih duduk di samping sopir, di atas mobil dinasnya. Ini juga salah satu keunikan Judas Amir yang jarang diketahui banyak orang.

9. Sering Bawa Dange
Dange, makanan khas Palopo yang terbuat dari sagu, salah satu makanan favorit Wali Kota Palopo, HM Judas Amir. Tak lengkap rasanya makan siang atau makan malam, bila tidak ada dange. Tak mengherankan, jika bepergian keluar kota karena urusan dinas, dange selalu dibawanya sebagai salah satu barang yang ada didalam kopernya.
Masih banyak keunikan Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, yang membuat orang cepat akrab dengannya, termasuk sosok penyayang anak-anak, dan suka becanda. Sebagai kepala daerah, ayah dari Farid Kasim ini sangat dekat dengan warganya, termasuk para pejabatnya. (cbd)



loading...

Feeds