Sekwan Enrekang Juga Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Bimtek Fiktif

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani saat diwawancara wartawan terkait kasus dugaan korupi bimtek fiktif anggota DPRD Enrekang. | POJOKSULSEL - MUH FADLY

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani saat diwawancara wartawan terkait kasus dugaan korupi bimtek fiktif anggota DPRD Enrekang. | POJOKSULSEL - MUH FADLY

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Sekretaris DPRD Enrekang Sangkala Tahir ditetapkan tersangka dalam dugaan korupsi bimbingan teknis fiktif tahun anggaran 2015 dan 2016.

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, Sekretaris DPRD dijadikan tersangka dalam kapasitasnya sebagai kuasa pengguna anggaran (KPA) dalam kasus tersebut.

“Perannya kan sebagai kuasa pengguna anggaran dalam dugaan korupsi Bimtek itu,” kata Dicky Sondani dalam konferensi pers di Warkop Sija Jalan Topaz Makassar, Rabu (5/4/2017).

Lanjut Dicky Sondani, kegiatan Bimtek diduga fiktif itu telah dilaksankan di 7 Kota, yakni Makassar, Jakarta, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali dan Lombok.

Total kegiatan yang dilakukan di 7 Kota tersebut sebanyak 49 kali, dengab menggunakan anggaran Rp 3,6 miliar.

“Dana ini bersumber dari negara tahun anggaran 2015 dan 2016,” kata Dicky Sondani.

Selain Sekretaris DPRD Enrekang, penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel juga menetapkan 3 anggota DPRD sebagai tersangka. Di antaranya H Bantaeng, Arfan Renggong dan Mustiar Rahim. Penyidik juga menetapkan 3 orang tersangka lainnya dari pihak penyelenggara. Di antaranya, Gunawan, Nawir dan Nurul Hasmi.

Dicky Sondani mengatakan, dasar penetapan tersangka terhadap Sekretaris DPRD dan 6 lainnya adalah kegiatan tersebut tidak memenuhi syarat tabg diwajibkan dalam Permendagri, tentang orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD.

Di antaranya tidak ada MoU, tidak ada rekomendasi Badiklat Kemendagri, penyelenggara tidak memenuhi syarat dan tidak memiliki legalitas.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

mudik, jalan rusak, jalur trans sulawesi rusak, trans sulawesi rusak, mudik jalan rusak, jalan rusak ke palopo, mudik 2017

Mudik yang Mengecewakan

SEMINGGU sebelum Lebaran, saya membayangkan jalur mudik trans Sulawesi mulus. Paling tidak tidak ada hambatan berarti. Saya membayangkan, jalur ini …