Tahanan Polisi Meninggal Tak Wajar di Polres Bulukumba, Aktivis HAM Menduga Korban Dianiaya

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, BULUKUMBA – Rahmat Ardiansyah (25) salah satu aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) menyoroti meninggalnya Syamsuddin yang masih dalam tahap pengawasan Kepolisian Resor (Polres) Bulukumba.

Aktivis jebolan Gerakan Aktivis Mahasiswa (GAM) Makassar ini mengindikasi jika korban yang beralamat di Dusun Bolaperringe, Desa Tibona, Kecamatan Bulukumpa itu telah mengalami kekerasan saat menjadi tahanan Polres Bulukumba.

“Kalau polisi bilang Syamsuddin meninggal karena bunuh diri, itu tidak mungkin. Kita bisa lihat di fotonya, sekujur tubuh lebam dan hitam seperti hantaman benda tumpul dan ada juga bekas irisan di bagian belakang tubuh korban” Kata Rahmat via selulernya Senin (20/3/2017) malam.

Pantauan media ini, foto yang diperlihatkan Rahmat memang tampak luka lebam disekujur tubuh Syamsuddin. Tidak hanya itu, seluruh tubuhnya juga dipenuhi luka dan kulitnya berubah menjadi warna hitam.

Selain mengindikasikan Syamsuddin meninggal karena dianiaya, Aktivis asal butta panrita lopi ini juga menduga jika Syamsuddin adalah korban salah tangkap Polres Bulukumba.

Kata dia, pelaku pencabulan terhadap anak usia 17 tahun seperti yang telah dialamatkan kepada korban, tidak benar adanya.

” Pengakuan pihak keluarga Syamsuddin, bahwa pelaku pelecehan bukanlah almarhum, melainkan sepupu dua kali Korban berinisial IF,” tambah Rahmat.

Untuk diketahui, beberapa pekan lalu, keluarga Syamsuddin yakni korban NF yang merupakan anak kandungnya dan mantan istri Syamsuddin melapor ke Kepolisian Sektor setempat. Laporan anak dan istrinya itu terkait kasus pelecehan seksual yang telah dialami NF.

Dari hasil gelar perkara pihak polisi, ditetapkanlah nama Syamsuddin sebagai tersangka. Syamsuddin pun diamankan pihak polisi sambil melengkapi berkas perkara. Naas beberapa pekan setelah diamankan, kabar duka datang. Syamsuddin dinyatakan bunuh diri dengan cara membenturkan kepalanya sendiri.

(arjun/pojoksulsel)



loading...

Feeds