Messi Bawa Barca Jaga Jarak dengan Madrid

Lionel Messi menginspirasi kemenangan Barcelona saat menjamu Valencia (AFP)

Lionel Messi menginspirasi kemenangan Barcelona saat menjamu Valencia (AFP)

POJOKSULSEL.com – Barcelona tetap menjaga jarak dengan Real Madrid sebagai pemuncak klasemen. Setelah Madrid menang di kandang Athletic Bilbao sehari sebelumnya, Barcelona pun mengikuti jejaknya untuk terus memberikan tekanan. Menjamu Valencia di Camp Nou, Lionel Messi cs menang 4-2, Senin (20/3/2017) dini hari Wita.

Kemenangan tersebut ditandai brace Messi pada menit 45 lewat titik putih dan menit 53. Bintang asal Argentina itu mengokohkan diri sebagai pencetak gol terbanyak sementara Divisi Primera 2016-2017 dengan 25 gol.

Hanya saja, kemenangan tersebut tak mudah diraih. Gawang Marc-Andre ter Stegen sempat tertinggal lebih dahulu pada menit 29. Sundulan Eliaquim Mangala memanfaatkan umpan sepak pojok Dani Parejo menghunjam pojok kanang gawang Ter Stegen.

Barcelona baru bisa menyamakan kedudukan enam menit berselang. Luis Suarez berhasil memperdaya kiper Valencia, Diego Alves, usai menerima umpan dari Neymar. Skor berubah menjadi 1-1.

Valencia yang memberikan perlawanan keras harus kehilangan Mangala setelah menerima kartu kuning kedua pada menit 44. Tak hanya itu, pelanggarannya terhadap Suarez juga berbuah penalti.

Suarez yang berhasil mendahului Mangala memiliki kesempatan mencetak gol. Namun, Mangala yang sudah kalah langkah menarik kaus Suarez hingga terjatuh.

Wasit Alejandro Hernandez lantas menunjuk titik putih yang berarti penalti bagi Blaugrana – julukan Barcelona. Selain itu, dia pun memberikan kartu kuning kedua alias kartu merah bagi Mangala. Sebelumnya Mangala menerima kartu kuning pertama pada menit 39.

Messi yang menjadi eksekutor sukses mengecoh Alves. Tendangan kaki kirinya mengarah ke kanan, sementara Alves telah bergerak ke kiri.

Hanya saja, tak kurang dari satu menit, Valencia berhasil menyamakan kedudukan. Lewat serangan cepat, Jose Gaya memberikan umpan ke kotak penalti Barcelona dan disambut oleh Munir El Haddadi lewat tendangan kaki kiri. Bola meluncur dan gagal dijangkau Ter Stegen. Skor menjadi 2-2 dan bertahan hingga turun minum.

Munir sendiri tak melakukan selebrasi usai mencetak gol. Dia justru menunjukkan gestur seolah minta maaf ke arah fans Barcelona. Maklum saja, dia adalah pemain milik Barcelona yang dipinjam oleh Los Che – julukan Valencia, pada musim ini.

Pada babak kedua, Barcelona yang unggul jumlah pemain leluasa dalam memberikan tekanan. Mereka pun kembali unggul pada menit 53 lewat gol kedua Messi. Dia menjebol gawang Alves lewat kaki kanan usai menerima sodoran bola dari Javier Mascherano.

Berkat gol itu, Messi telah megemas 40 gol di semua ajang pada musim ini. Dia menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah La Liga yang bisa mencetak 40 gol atau lebih di semua ajang dalam semusimnya, dalam 8 musim terakhir. Selain itu, Messi juga telah 100 kali mencetak brace bagi Barcelona di semua ajang.

Setelah gol tersebut yang membuat Barcelona unggul 3-2, Valencia berani keluar menyerang. Beberapa kali mereka berhasil membahayakan pertahanan Blaugrana. Pelatih Barcelona, Luis Enrique, sempat geram ketika lini belakang timnya tampil teledor.

Para pemain Los Che frustrasi usai selalu gagal mencetak gol. Justru pada menit 89, gawang Alves kembali bobol.

Mantan gelandang Valencia, Andre Gomes, mencetak gol keempat bagi Blaugrana usai menerima umpan tarik dari Neymar.



loading...

Feeds

PM Australias Malcolm Turnbull dan Presiden RI Joko Widodo. INT

PM Australia Kutuk Bom Kampung Melayu

POJOKSULSEL.com – Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbul turut berbelasungkawa atas bom bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang menyebabkan …