Menjelang Eksekusi, Komisioner Komnas HAM Kunjungi Bara-baraya

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Hafidz Abbas mengunjungi warga Bara-baraya, Kota Makassar, Senin (20/3/2017).
Kedatangan putra asli Sulsel tersebut dalam rangka mengunjungi warga yang sedang bersengketa dengan pihak Kodam VII Wirabuana.

Polemik antara warga dan pihak TNI AD tersebut berawal dari rencana pengosongan lahan asrama militer oleh. Kodam VII. Menurut pihak Kodam VII Wirabuana melalui rilis yang diterima redaksi pojoksulsel.com beberapa waktu lalu bahwa tanah tersebut kini diminta kembali oleh ahli waris Moedhinong Dg Matika. Penertiban telah dilakukan melalui 2 tahap terhadap lahan seluas 22.083 M persegi dari total luas 28.970 M persegi. Sisa luas lahan tersebut yang akan diteribkan dekat ini, mengingat telah keluar Surat Peringatan (SP) III.

Lain halnya menurut warga yang menghuni lahan tersebut. “Kami menolak penggusuran yang akan dilakukan oleh pihak Kodam VII Wirabuana dikarenakan ada 28 Kepala Keluarga (rumah) di luar asrama yang juga akan digusur. Padahal kami punya akta jual-beli yang sah”, ungkap Ahmad selaku Koordinator Lapangan aksi “Aliansi Bara-baraya bersatu” saat ditemui seusai unjuk rasa di bawah jembatan Flyover.

Hafidz yang berdialog dengan puluhan warga menyampaikan beberapa pendapat serta pandangannya terkait kisruh ini. “Siapa pun di Negara ini harus tunduk di hadapan supremasi hukum. Jika kasus itu sudah masuk proses hukum, maka tak ada satu pun yang boleh bertindak di luar koridor. Kami juga berharap pihak TNI AD dapat memahami dan menunggu hasil dari proses hukum yang tengah berlangsung”, ungkap Hafidz di hadapan warga.

Komisioner Komnas HAM tersebut juga berjanji akan menyampaikan aspirasi masyarakat ke Panglima TNI dan Pangdam VII Wirabuana.

(ihsan azis/pojoksulsel)



loading...

Feeds

PM Australias Malcolm Turnbull dan Presiden RI Joko Widodo. INT

PM Australia Kutuk Bom Kampung Melayu

POJOKSULSEL.com – Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbul turut berbelasungkawa atas bom bunuh diri di Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang menyebabkan …