Mendagri Tjahjo Kumolo Optimistis Rampungkan E-KTP Tahun 2018

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thahjo Kumolo didampingi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. POJOKSULSEL/MUH FADLY

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Thahjo Kumolo didampingi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo. POJOKSULSEL/MUH FADLY

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyatakan KTP-el menjadi persoalan serius selama 1,5 tahun terkahir. Sebab, banyak pejabat Kemendagri maupun panitia lelang yang diperiksa Komisi Pemberantasam Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi KTP-el.

Bahkan, lanjut Thahjo Kumolo, untuk lelang blangko KTP-el pada tahun 2016 lalu terpaksa dihentikan karena Dirjen dan pejabat Kemendagri tidak yakin dengan proses tender KTP-el.

“Selama 1,5 tahun tercatat 68 Pejabat Kemendagri diperiksa, Staf dan 40 panitia lelang dipanggil KPK,” kata Thahjo Kumolo di Hotel Clarion Makassar, Senin (20/3/2017).

Namun setelah melalui proses panjang itu, Mendagri Thahjo Kumolo optimimis proses tender blanko KTP-el selesai dilakukan pada bulan April mendatang.

Selanjutnya, seluruh masyarakat Indonesia ditargetkan telah memiliki KTP-el sebelum perhelatan Pilkada serentak tahun 2018 mendatang.

“Pencapaian target selama 2,5 tahun pemerintahan pak Jokowi progresnya jelas. Sudah 96,54 persen yang merekam data KTP-el,” ujar Tjahjo Kumolo.

Mendagri Thahjo Kumolo mengatakan, terdapat 4 juta masyarakat Indonesia yang masih daftar tunggu KTP-el. Para warga itu telah merekam data kependudukan di kantor-kantor dinas kependudukan dan catatan sipil di berbagai daerah.

Selain itu, 3,2 juta di antaranya belum terekam dalam sistem baru, karena berbagai alasan, yakni kesibukan beraktifitas dan banyaknya ditemukan warga yang memiliki data ganda.

Untuk selanjutnya, kata Thahjo Kumolo, Kemendagri akan mencetak 3 sampai 4 juta balnko KTP-el pertahun. Program itu sesuai tren pertambahan penduduk wajib KTP di Indonesia mencapai 3 juta jiwa.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Ilustrasi

Ini Bahayanya Menahan Kentut

POJOKSULSEL.com – Salah satu proses alamiah tubuh untuk membuang gas akibat proses fermentasi yang terjadi di dalam perut adalah dengan …
selebriti, pedangdut nassar, nassar, paar baru nassar, nassar pacari janda kaya, janda kaya nassar, nassar dan janda kaya

Nassar Beli Rumah Mewah di Bogor

POJOKSULSEL.com – Nassar berbahagia setelah cita-citanya membeli rumah mewah kesampaian. Rumah yang dibeli Nassar tersebut berada di Bogor. Rumah seluas …