Kesbangpol Wajo Sosialisasi Keamanan Lingkungan

MENJAGA keamanan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga negara yang baik. Salah satu bagian terpenting dalam pemeliharan keamanan lingkungan adalah peran serta masyarakat.

Dalam hal ini bentuk partisipasi masyarakat dalam pemeliharaan lingkungan diwujudkan dalam bentuk Sistem Keamanan Lingkungan. Siskamling dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan moral dan disiplin warga. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat lepas dari interaksinya dengan manusia lain.

Untuk mewujudkan itu, Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Badan Kesbangpol menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengendalian Keamanan Lingkungan Kabupaten Wajo Tahun 2018 dengan tema Peran Serta Aparat Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Dalam Menjaga Kondusifitas Lingkungan.

Kegiatan yang diselenggarakan Rabu, 7 Februari 2017 ini menghadirkan unsur aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda dan unsur LSM. Materi dalam kegiatan tersebut disajikan narasumber dalam bentuk makalah dan dialog/tanya jawab.

Adapun pemateri dalam kegiatan tersebut terdiri dari Kepala Badan Kesbangpol kabupaten Wajo, Drs.Andi Muhammad Yusuf Baharuddin,MM, Perwakilan dari polres Wajo, IPTU. H.Rijal, dan unsur LSM diwakili Bustam Kambe.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Wajo, Andi Muh Yusuf mengatakan perlunya sinergi antara seluruk komponen masyarakat dalam menciptakan kondisi keamanan lingkungan, karena hal ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan aparat keamanan, tetapi sudah menjadi tanggung jawab semua komponen.

Sementara itu, Iptu H.Rijal mengatakan selama ini, pihak kepolisian telah berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, hanya rasio antara polisi dengan masyarakat tidak berimbang. Tapi apapun kondisi kami terus berupaya memberi rasa aman terhadap masyarakat.

“Saat ini kami berupaya responsif terhadap kondisi keamanan masyarakat. salah satu contohnya adalah ketika ada kejadian kriminalitas maka polisi akan hadir paling lambat 15 menit setelah laporan diterima,” ujar Iptu H Rijal.

(rilis/ampa)



loading...

Feeds

Pep Guardiola

Derby Manchester, Guardiola Puji MU

MANAJER Manchester City, Pep Guardiola malah memuji Manchester United jelang keduanya bentrok pada Jumat (28/4/2017) dini hari WIB nanti. Menurutnya, …