Jasa Rahardja Tolak Bertaggung Jawab, RSUD Parepare Rugi Puluhan Juta

Plt Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare dr Renny Angraini Sari

Plt Direktur RSUD Andi Makkasau Parepare dr Renny Angraini Sari

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau, Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalami kerugian hingga puluhan juta.

Pasalnya, pihak PT Jasa Rahardja lepas tanggungjawab akan klaim biaya atas korban kecelakaan lalu lintas yang ditangani oleh pihak rumah sakit.

 

Dalam aturan dan ketentuannya, korban kecelakaan lalu lintas tidak ditanggung oleh Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS).

“Ada sekitar Rp 42 juta tidak dapat ditagih ke BPJS Kesehatan karena pasiennya kasus kecelakaan lalu lintas yang tidak melaporkan dirinya kepada Jasa Rahardja,” ungkap Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Andi Makkasau Parepare, Reny Angraini, Rabu (8/6/2017).

Renny Angraini menjelaskan, dalam aturan, pasien kecelakaan lalu lintas menjadi tanggungjawab PT Jasa Rahardja sebagai penanggung pertama dan BPJS Kesehatan sebagai penanggung kedua.

“Klaim korban kecelakaan lalulintas tidak terbayarkan. Rumah Sakit terancam mengalamin kerugian,” kata ungkap Renny.

Sehingga, kata dia, kedepan pihaknya akan lebih teliti dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi pasien korban kecelakaan. Memberikan pemahaman agar mengikuti prosedur yang ada khususnya kasus kecelakaan lalu lintas.

Tanggungan pasien kecelakaan lalu lintas yang menjadi kewajiban Jasa Rahardja ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 19 Tahun 2016.

Salah seorang warga Parepare, Kasman, berpendapat, seharusnya PT Jasa Rahadja juga membuka posko seperti yang dilakukan pihak BPJS Kesehatan disejumlah rumah sakit, agar pasien kecelakaan lalu lintas cepat terakomodasi.

“Jangan cuman enaknya saja menerima klaim dalam pajak kendaraan sementara kewajibannya tidak dipenuhi,” ungkap Kasman.

(haerul amran/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Victor Igbonefo psm makassar

PSM Makassar Incar Victor Igbonefo

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR- PSM Makassar memulai memanaskan perburuan pemain menghadapi Liga musim 2018. Selain mencari striker berpaspor Asia, tim berjuluk Ayam …
deklarasi danny-indira

Ada Obama di Deklarasi Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Bahar Ngitung (Obama) yang baru saja dilantik sebagai Ketua Tim Pemenangan pasangan bakal calon Gubernur Sulsel 2018, …