Menang di Takalar, Instrat: NasDem Parpol Terefektif di Pilkada 2017

Partai Nasdem

Partai Nasdem

KESUKSESAN Partai NasDem bersama PKS serta PKB mengantar kemenangan pasangan calon bupati dan wakil bupati Takalar Syamsari Kitta-H Ahmad Dg Se’re (SK-DK) pada pilkada Takalar mengantar Partai NasDem sebagai parpol paling efektif memenangkan pilkada serentak 2017 lalu.

Hal tersebut berdasarkan analisis Lembaga Survei Indonesia Strategic Institute (Instrat) melakukan analisis kesukesan partai berdasarkan data resmi dari KPU.

Direktur Instrat, Jalu mengatakan berdasarkan data yang dikumpulkanya dari 101 KPU se-Indonesia, pihaknya melakukan analisis kesukesan partai pengusung dan koalisi berdasarkan kemenangan yang diraih.

Jalu menegaskan, Partai Beringin kalah efektif oleh PKB dan Nasdem. Dengan total usungan 98 kandidat, Golkar hanya mampu menang di 55% daerah yang artinya kalah di 45% daerah lainnya.

“PKB dan Nasdem berhasil memenangkan 56% kandidat usungannya,” katanya. Takalar menjadi salah satu kemenangan fenomenal Partai NasDem karena berhasil mengalahkan incumbent.

PKS, Demokrat dan PDIP tercatat diurutan ketiga dengan berhasil memenangkan 50% kandidatnya, diikuti Gerindra dan Hanura 49%, PAN 47%, PPP 38%, PBB 35% dan PKPI 25%.

Sementara jika melihat peta koalisi, maka koalisi yang melibatkan Golkar-Nasdem merupakan koalisi tersukses dengan meraih 32 kemenangan, disusul Demokrat-Golkar 30 kemenangan, Golkar-PAN 27 kemenangan, PDIP-Golkar, PDIP-PAN dan PDIP- nasdem masing-masing 25 kemenangan, Golkar-Hanura dan Demokrat-PKS 24 kemenangan.

“Jika melihat efektifitas maka PKB-Golkar merupakan koalisi paling efektif karena memenangkan 79% dari 28 kali koalisi,” tambahnya. (rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Ini Syarat Calon Walikota PPP Parepare

POJOKSULSEL.com, PAREPARE – Ketua Bappilu Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (DPC-PPP), Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel), Salam Latif, mengatakan sejauh …