Malaysia Marah, Usir Dubes Korea Utara

POJOKSULSEL.com, KUALA LUMPUR – Malaysia akhirnya bersikap tegas atas penanganan kasus tewasnya Kim Jong Nam di bandara Kuala Lumpur. Negeri jiran itu resmi mengusir Duta Besar Korea Utara Kang Chol dari negara itu pada Sabtu (4/3).

Statusnya kini persona non grata dan diminta meninggalkan Malaysia dalam 48 jam. Pejabat berwenang di Malaysia menyebut, ini adalah buntut memanasnya hubungan kedua negara setelah Kim Jong Nam, saudara dari pemimpin besar Korut, Kim Jong Un terbunuh di Kuala Lumpur International Airport, Malaysia, pada 13 Februari lalu.

Seperti diketahui, Dubes Chol pada akhir Februari lalu mengatakan Pyongyang meragukan penanganan Malaysia terhadap kasus tersebut. Dia menuding Malaysia bersekongkol dengan negara lain.

Namun, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak menyebut ucapan itu sangat kasar dan menghina Malaysia.

“Malaysia akan bereaksi dengan kuat terhadap segala penghinaan atau upaya untuk merusak reputasinya,” kata Anifah, seperti dikutip Reuters.

Amerika Serikat dan Korea Selatan mengatakan Kim Jong Nam dibunuh oleh agen dari Korea Utara sendiri. Malaysia sendiri sudah mendeportasi seorang tersangka orang Korea Utara, terkait kasus itu, pada Jumat (3/3).

Pada awal pekan ini, Malaysia mengatakan akan membatalkan bebas visa bagi warga Korea Utara ke Malaysia mulai 6 Maret. Pemerintah khawatir negara itu dijadikan tempat kegiatan melanggar hukum.

(cnn)



loading...

Feeds

politik sulsel, pemilu 2019, kpu maros, ppk maros, tes ppk maros

114 Calon PPK Maros Ikut Ujian Tulis

POJOKSULSEL.com MAROS – Sebanyak 144 calon Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Maros mengikuti tes tertulis di Gedung Serbaguna …