Waduh… 60 Persen SD di Indonesia Tak Punya Toilet yang Layak

KETERSEDIAAN sarana dan prasarana di sekolah dasar rupanya masih sangat minim. Sejumlah fasilitas penunjang belajar siswa, belum bisa terpenuhi secara maksimal. Berangkat dari hal itu, Kementerina Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tengah gencar meningkatkan mutu pendidikan.

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemendikbud, Hamid Muhammad mengatakan, ada tiga hal yang bakal dilakukannya. Pertama terkait pengelolaan guru dan kepala sekolah. Hamid berharap agar Dinas Pendidikan melakukan inventarisasi guru di perkotaan dan wilayah terpencil.

“Perhatikan kompetensi dan keterampilannya. Kepala sekolah wajib dipilih melalui seleksi, bukan ditunjuk langsung,” ujarnya.

Kedua terkait peningkatan fasilitas belajar. Pemerintah pusat akan meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan dasar di seluruh Indonesia.

“Bayangkan, 40 persen SD tidak memiliki perpustakaan. Dan sekitar 60 persen tidak memiliki toilet yang layak. Kami akan fokus pada penyediaan kedua fasilitas itu,” ungkap Hamid.

Hal ketiga yang menjadi perhatian Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan adalah kualitas belajar dan mengajar. Hamid mendorong penguatan peran pengawas sekolah baik dalam pengawasan kualitas belajar dan kualitas kelembagaan pada satuan pendidikan.

Terkait penerapan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang mengalihkan kewenangan pengelolaan pendidikan menengah dari pemerintah kabupaten/kota ke propinsi yang efektif berlaku pada 2017, menurut Hamid, hal tersebut hendaknya tidak membatasi kebersamaan dalam memajukan pendidikan.

(esy/jpnn/mam/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Coba Cara Ini Agar Sperma Sehat

POJOKSUSLEL.com – Makanan yang dikonsumsi tiap hari wajib mengandung energi dan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain makanan, ternyata …