Coba Deh… 3 Tips Mendidik Anak di Masa Tumbuh Kembang

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com – Banyak orang tua salah asuh dalam menerapkan pola didik terhadap anak. Cara mendidik anak terkait erat dengan pemahaman orang tua atas wawasan, mental, dan pengetahuan.

Orang tua diminta untuk tidak menggunakan bahasa yang salah dalam mengajarkan anak. Di era gadget dan teknologi saat ini, orang tua juga tidak bisa melarang anak tetapi bagaimana caranya mendampingi mereka dengan baik. Di masa tumbuh kembang anak setelah usia 1000 hari (Golden Age), maka anak akan semakin mengenal lingkungan sosialnya.

Ada tiga cara mendidik anak di masa tumbuh kembang mereka menurut Psikolog Pendidikan dari Hoshizora Foundation, Reky Martha, Jumat (3/3/2017):

1. Membuka wawasan

Para ibu dan ayah harus membuka wawasan seluas mungkin. Orang tua harus bisa mengetahui wawasan untuk hidup untuk mengembangkan diri sebagai manusia. Hal ini bisa menjadi bekal dalam mendidik anak.

2. Memahami perkembangan anak

Para ayah dan ibu harus memahami proses perkembangan anak. Orang tua bisa mendapatkan banyak informasi bagaimana cara mendidik anak dengan banyak membaca.

3. Hindari kata ‘jangan’

Gunakan bahasa positif. Hal ini akan membangun social emosional learning keluarga yang sangat positif. Orang tua sebaiknya tidak melarang anak dan hindari kata “Jangan”. Kata “Jangan” akan bermakna negatif bagi anak.

Berikan anak opsi yang lebih positif agar anak bisa memilih. Misalnya, jangan melarang anak main gadget dengan kata “Jangan”. Tetapi gunakan opsi untuk menyuruh mereka belajar terlebih dahulu baru bisa memainkan gadget.

(cr1/JPG)



loading...

Feeds

mudik, jalan rusak, jalur trans sulawesi rusak, trans sulawesi rusak, mudik jalan rusak, jalan rusak ke palopo, mudik 2017

Mudik yang Mengecewakan

SEMINGGU sebelum Lebaran, saya membayangkan jalur mudik trans Sulawesi mulus. Paling tidak tidak ada hambatan berarti. Saya membayangkan, jalur ini …
maros, zakat, zakat maros, pembagian zakat maros

1.901 Mustahid Terima Zakat di Maros

POJOKSULSEL.com MAROS – Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Maros menyalurkam santunan dan bantuan kepada ribuan mustahiq yang tersebar di 14 …