Tragis… Depresi, Fotografer Erotis Tewas Bunuh Diri

Foto Karya Ren Hang.

Foto Karya Ren Hang.

POJOKSULSEL.com – Ren Hang, fotografer erotis Tiongkok yang belakangan melejit namanya dan menghelat pameran di berbagai negara meninggal dunia di usia 30 tahun.

Detail kematian Ren pada Jumat (24/2/2017) masih belum jelas. Namun, diyakini Ren mengambil langkah tragis. Dia bunuh diri.

Dian Hanson, editor penerbit Taschen dari Jerman mengatakan kalau Ren jatuh kedalam depresi tingkat tinggi sejak Oktober. Depresi itu semakin meningkat dengan ketidakstabilan kondisinya.

”Dan setelah berbulan-bulan merasa kesakitan, dia sepertinya tidak sanggup lagi,” kata Hanson.

Ren Hang sudah lama melawan depresi. Dalam situsnya, dia menulis mengenai perjuangannya melawan depresi tersebut. Dia juga berhalusinasi dan mengaku mendengar suara-suara di telinganya.

Dalam akun Weibonya, Ren Hang selalu menulis permintaan yang sama saat tahun baru. ”Setiap tahun saya punya permohonan yang sama, mati sebelum mati. Semoga itu terkabul tahun ini.”

Karya Ren Hang yang kontroversial dengan erotisme membawanya pada dunia fotografi Internasional. Dia berhasil menggelar pameran di Amsterdam, Belanda. Lelaki itu memang berbeda dengan pelaku seni di negaranya.

Berawal dari bosan dengan aktivitas kuliahnya, dia lantas memulai mengambil foto beberapa temannya tanpa mengenakan busana. Namun, pose erotis justru menjadi bumerang karena menuai banyak kritikan.

Dia tidak menyerah. Ren yakin, fotografi tanpa busana bisa menarik tanpa dikritik karena terlalu erotis. Dia lantas menciptakan pose-pose unik untuk merealisasikan mimpinya itu. Akhirnya, Ren punya sentuhan khas menarik.

Pose model yang diarahkannya membuat foto jepretannya menjadi tidak biasa. Ia menjadikan organ seksual, bahkan hewan menjadi objek yang indah. Fantasi yang ditimbulkan menjadi sangat beragam.

Imajinasinya adalah, segala sesuatu berupa metafora tanpa hambatan. ’’Saya tidak mengerti apa yang dipersepsikan orang lain. Tapi saya yakin tidak pernah melihat seperti itu sebelumnya,’’ ujarnya kepada CNN.

Namun, tidak semua orang beranggapan bahwa hasil karya Ren memiliki nilai seni. Foto-foto Ren telah dirusak bahkan disita saat menggelar pameran di Tiongkok.

Parahnya, kritikus menafsirkan bahwa seni yang dibuat Ren berarti berani melawan sensor dalam menghadapi konservatisme di Tiongkok. Ren mengklaim, hasil karyanya tidak memiliki pesan politik.

(cr3/tia/jpg/sdf/pojoksulsel)



loading...

Feeds

pilgub sulsel, pilgub sulsel 2018, nurdin halid, nh pilgub sulsel, pilgub sulsel nh, pilgub sulsel na, nurdin abdullah, pilgub sulsel nurdin abdullah, jk nurdin, opini, opini jk nurdin

Pak JK Pasti Mendukung Nurdin

TIBA-tiba viral di media sosial, foto-foto pertemuan empat sosok penting Sulsel. Foto pertama, foto dimana Pak JK tampak duduk di …