Foto Bayi Akan Jadi Tren di Media Sosial

Ilustrasi

Ilustrasi

BISNIS teknik fotografi bayi baru lahir (baby newborn photography) di Indonesia berkembang pesat. Era gadget saat ini membuat setiap orang ingin membagikan momen apa saja di media sosial, apalagi kelahiran buah hati. Studio foto saat ini semakin menjamur terutama untuk anak-anak dan bayi.

“Prospek di Indonesia bagus sekali. Saya cerita flashback tahun 2006, boleh dibilang studio anak itu sedikit sekali. Saat awal saya buka banyak yang bilang kok kenapa memilih market yang sempit atau segmented. Bagi saya, enggak masalah selama kita bisa fokus spesialisasi di satu bidang maka kita akan maju,” kata Owner AMORE Baby Portraits Shinka Moeharjo kepada JawaPos.com, Selasa (28/2/2017).

Banyak pendapat mengatakan memotret bayi dan anak menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan. Banyak hal yang tak terduga dan menjadi tantangan. “Banyak orang bilang memotret anak dan hewan itu paling sulit. Karena dua-duanya tak bisa diduga,” ungkapnya.

Shinka memiliki tim terbaik dengan 4 fotografer dan asisten. Syarat utamanya, kata dia, fotografer dan asisten harus mengerti dunia anak dan asisten harus mempunyai anak. Asisten sudah mengerti keinginan fotografer dalam memilih angle terbaik. Namun tidak menutup kemungkinan, orang tua juga memiliki keinginan tersendiri soal pengaturan angle atau properti yang digunakan. Kami pun akan mengakomodir keinginan orang tua karena tujuannya adalah mendapatkan hasil foto yang terbaik.

“Ini seperti lifestyle, momen kehidupan. Masa kecil istilahnya. Bayi baru lahir itu adalah masa lucu-lucunya. Rata-rata lamanya pemotretan 2,5 jam tapi saya tak mau diburu-buru agar hasilnya optimal,” ungkap Shinka.

Saking semangatnya banyak juga orang tua yang sudah memesan tanggal saat hamil, sebelum anaknya lahir. “Kami selalu menyarankan nanti saja, sampai anaknya lahir dulu. Khawatirnya anak bayi baru lahir kadang suka kena penyakit kuning biar sama-sama nyaman. Jangan karena enggak enak sudah booking tanggal,” jelasnya.

Bagi orang tua yang ingin melakukan fotografi bayi baru lahir, Shinka memiliki tips. Pertama, orang tua harus yakin dan nyaman saat hendak melakukan fotografi bayi baru lahir. Kedua, bayi saat dipotret tidak boleh saat sedang sakit, habis sakit, habis suntik, atau setelah sunat karena tak baik bagi kesehatan bayi dan akan mempengaruhi proses dan hasilnya. Ketiga, fotografi ini tak bisa dikejar waktu untuk setiap pose.

“Indonesia surganya foto bayi. Prospek foto itu bagus, saya juga berharap fotografi berkembang. Kemampuan pasti selalu bisa berkembang,” tegas Shinka.

(cr1/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds