CATAT! Inilah 3 Penyebab Utama Obesitas

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Obesitas atau kegemukan adalah kelebihan berat badan akibat penimbunan lemak tubuh yang berlebihan.

Padahal sebetulnya setiap orang memerlukan sejumlah lemak dalam tubuh untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, hingga menyerap guncangan.

Namun jika berlebih, maka akan memicu berbagai penyakit degeneratif seperti jantung, diabetes melitus, dan hipertensi.

Secara alamiah obesitas terjadi akibat mengonsumsi kalori yang lebih banyak dari yang dipergunakan oleh tubuh.

Sehingga terjadi ketidakseimbangan pada pembakaran asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Di samping itu terdapat pula kelainan genetik dan akibat dari ketidakseimbangan insulin. Dampak buruk dari obesitas terhadap kesehatan selain masalah penyakit degeneratif yaitu gangguan tidur.

Dilansir Pusat Jantung Nasional Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, Selasa (28/2/2017), ada tiga faktor penyebab utama terjadinya obesitas.

Faktor Genetik

Hal ini dapat terjadi akibat keturunan. Sehingga dapat disebut dengan faktor genetik. Faktor ini biasanya mempengaruhi obesitas seseorang sebesar 33 persen.

Faktor Lingkungan

Lingkungan memicu pola hidup atau gaya hidup berubah. Saat ini makanan cepat saji mempengaruhi kehidupan seseorang dan tak seimbang dengan aktivitas yang dilakukan.

Faktor Psikis

Faktor yang disebabkan emosi dapat mempengaruhi pola makan seseorang. Salah satu gangguan emosi yang diberikan adalah persepsi diri yang negatif. Biasanya faktor psikis pada obesitas ini lebih banyak pada wanita.

(cr1/JPG/sdf/pojoksumut/pojoksulsel)



loading...

Feeds