Begini Kiprah Raja Salman Selama Memimpin Arab Saudi

Raja Saudi Arabia Salman bin Abdulaziz Al Saud

Raja Saudi Arabia Salman bin Abdulaziz Al Saud

PERHATIAN masyarakat kini seolah terpusat pada Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud yang sedang mengunjungi Indonesia per hari ini (1/3/2017) sampai dengan 9 Maret. Sebenarnya, sebelum ini apa saja yang telah dilakukan raja Salman yang lahir pada 31 Desember 1935 tersebut?

SEBELUM mengambil tahta kerajaan pada 23 Januari 2015 lalu, Raja Salman menduduki jabatan sebagai menteri pertahanan. Namun sebelum itu dan yang paling lama, dia adalah gubernur untuk provinsi Riyadh selama 48 tahun. Dia yang merubah Riyadh dari hanya padang pasir menjadi gedung pencakar langit dan salah satu pusat pendidikan di Saudi Arabia.

SALMAN merupakan orang berpengaruh, dia kerap menjadi mediator antar fraksi keluarga kerajaan, dia juga bagian dari fraksi yang berpengaruh dalam keluarga besar kerajaan Arab Saudi yang terbentuk dari anak dan cucu dari Raja Abdulaziz (juga disebut sebagai ibn Saud) dari istri favorit, yaitu putrid Hassa Al-Sudairi. Yang juga satu fraksi berpengaruh yang sama dengan raja Salman adalah raja Fahd pada yang menjalankan tahta sejak 1982-2005.

SEMUA putranya menduduki jabatan yang strategis. Putranya, Pangeran Turki menjadi director Saudi Research & Marketing Group (SRMG) yang juga mempunyai Koran dan majalah. Salah satunya adalah media harian di London Asharq al-Awsat. Pengeran menjadi Gubernur Medina, pangeran Mohammed sebagai menteri pertahanan dan kepala istana, pangeran Sultan yang merupakan astronot menjadi kepala otoritas pariwisata.

DI usianya yang telah senja memimpin Arab Saudi, raja Salman pernah terkena serangan stroke sekali, yang berdampak pada lemahnya pergerakan tangan kirinya.

SEMINGGU setelah naik tahta, raja Salman mengumumkan berita segar dengan memberikan bonus gaji dua bulan untuk pegawai pemerintah, pensiunan pegawai pemerintah. Eksportir utama perusahaan minyak yang akan membayar gaji mereka.

TERKENAL anti korupsi, sejak memimpin Riyadh, raja Salman dikenal kiprahnya yang mengakhiri pemerintahan korup. Pengamat politik dari Amerika Serikat Bruce Riedel mengatakan, catatan baik pemerintahan raja Salman bisa dilihat dari minimnya korupsi.

RAJA Salman juga punya akun twitter @KingSalman, walaupun semuanya ditulis dalam huruf Arab, tapi followers-nya lumayan, sekitar lima juta.

(BBC/ina/tia/jpg/pojoksulsel)



loading...

Feeds