Akbar Faizal Serahkan Buku Laporan Kinerja kepada Masyarakat

Akbar Faizal dan Syahrul Yasin Limpo

Akbar Faizal dan Syahrul Yasin Limpo

PERTANGGUNGJAWABAN kinerja oleh penyelenggara negara merupakan satu keniscayaan, tak terkecuali bagi anggota legislatif. Hal ini penting untuk menakar apa yang telah dilakukan oleh seorang pejabat ketika mendapat mandat rakyat.

Pemikiran inilah yang mendasari inisiatif Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Nasdem, Akbar Faizal untuk menyusun, merilis dan menyerahkan buku laporan kinerjanya selama tahun 2016. Buku ini diserahkan secara simbolis kepada Gubernur Sulsel, Ketua DPRD Provinsi Sulsel, Bupati Pangkep, dan perwakilan masyarakat.

“Walau tidak diwajibkan oleh aturan, laporan kinerja ini saya susun rutin setiap tahun, sejak tahun 2010 ketika saya menjadi wakil rakyat periode pertama”, tutur Akbar di hadapan masyarakat desa Siddo, Kecamatan Soppeng Riaja, Kabupaten Barru, Rabu, 1 Maret 2017.

Akbar menuturkan, tradisi yang dirintisnya sejak 7 tahun lalu ini hanya dicontoh segelintir anggota DPR lain. Seharusnya, tanpa diminta sekalipun, seorang wakil rakyat wajib melaporkan apa yang telah dilakukannya dalam rangka memperjuangkan kepentingan masyarakat yang diwakilinya.

Mantan deputi tim transisi Jokowi-JK ini menambahkan, masyarakat berhak menagih komitmen dan kinerja anggota DPR yang diwakilinya, termasuk di level DPRD. “Jika wakil anda tidak pernah turun ke bawah dan memperjuangkan aspirasi, lebih baik dicabut mandatnya. Bagi saya, jangankan puluhan orang, satu orang saja konstituen tetap akan saya perjuangkan karena itu kewajiban konstitusional”, tegas Akbar dengan nada tegas.

Selain versi cetak, buku laporan kinerja itu dapat didownload di website www.akbarfaizal.com. Buku itu bertutur tentang kinerja Akbar terkait fungsi legislasi, penganggaran, dan pengawasan. Diantaranya, sebagai anggota pansus RUU Terorisme, RUU KUHP, pemilihan hakim agung, pembahasan RUU APBN, termasuk kegiatan turun ke bawah yang telah dilakukannya di berbagai wilayah. (rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds

mudik, jalan rusak, jalur trans sulawesi rusak, trans sulawesi rusak, mudik jalan rusak, jalan rusak ke palopo, mudik 2017

Mudik yang Mengecewakan

SEMINGGU sebelum Lebaran, saya membayangkan jalur mudik trans Sulawesi mulus. Paling tidak tidak ada hambatan berarti. Saya membayangkan, jalur ini …