Oops! Pernikahan Gaib Titisan Nyi Roro Kidul dengan Pangkalima Burung, Akhirnya…

Nyi Roro Kidul (kiri), Wabup Katingan Sakariyas (kanan)

Nyi Roro Kidul (kiri), Wabup Katingan Sakariyas (kanan)

POJOKSULSEL.com, KATINGAN – Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sakariyas mengaku lega karena pernikahan gaib antara Pangkalima Burung dan Sri Baruno Jagat Prameswari akhirnya batal dilaksanakan.

Pernikahan gaib itu sedianya dilakukan di rumah Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah, Isay Djudae, Selasa hari ini, 28 Februari 2017. Namun pernikahan mistis itu batal karena ditolak berbagai pihak.

“Itu merupakan keputusan sangat tepat di tengah pro-kontra. Lebih baik dibatalkan, daripada jadi polemik bagi Katingan. Saya sendiri walau mendapat undangan, juga tidak akan menghadirinya,” ucap Sakariyas kepada Kalteng Pos (Jawa Pos Group), Senin (27/2/2017).

Dengan kejadian ini, orang nomor dua di Kabupaten Katingan ini mengingatkan seluruh damang atau tokoh adat lainnya di seluruh Katingan, supaya lebih hati-hati jika terkait adat.

Dia menyarankan jika ada persoalan seperti ini, lebih baik dibawa ke forum dan rapatkan dengan Dewan Adat Dayak (DAD) maupun pemerintah hingga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

“Jangan bertindak sendiri-sendiri. Sebab masalah adat tidak main-main dan perlu dikomunikasikan agar tidak bertentangan dengan agama dan adat, sehingga tidak menimbulkan masalah,” tutur pria asal Desa Tumbang Lahang ini.

Sementara itu, merebak kabar di masyarakat akan terjadi pernikahan diam-diam antara Pangkalima Burung dengan Sri Baruno Jagat Prameswari yang bernama asli Linda Susanti (dari Merapi) di Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah. Itu dilakukan karena adanya penolakan dari berbagai pihak.

Tapi hal itu dibantah oleh Kapolres Katingan AKBP Tato Pamungkas SIK melalui Kapolsek Katingan Tengah AKP Wahono SH. Dia menegaskan, tidak ada pernikahan diam-diam di Desa Telok.

“Damang sudah tegas membatalkan pernikahan,” kata kapolsek kepada Kalteng Pos, Senin (27/2).



loading...

Feeds

Barcelona Keok, Neymar Tertawa

POJOKSULSEL.com – Akun Twitter resmi Paris Saint-Germain (PSG) menjadi pembicaraan setelah memposting foto Neymar sedang tertawa lepas dalam latihan. Foto …