Film Silariang Diputar Serentak 2 Maret, Begini Ceritanya

Film Silariang (ilustrasi)

Film Silariang (ilustrasi)

FILM Silariang (Menggapai Keabadian Cinta) disutradarai oleh Syahrir Arsyad Dhini (Rere Art2tonic) dan diproduseri oleh Hendra Sirajuddin Owner dari PT Paramedia Indonesia yg sebelumnya sudah memproduseri Film Film seperti BOMBE’ SUMIATI, DUMBA’ DUMBA’ dan CINTA RASA COKLAT (Tidak sempat edar).

Film Silariang mengangkat fenomena kebiasaan atau gaya hidup masyarakat suku Bugis Makassar yang selalu meletakkan budaya Siri’ na Pacce’ di atas segala-galanya dalam kehidupan sehari hari.

Film ini akan ditayangkan secara nasional pada 2 Maret 2017 di 20 Kota besar di Indonesia antara lain Jakarta, Tangerang, Bogor, Bekasi, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Kupang, Pekanbaru, Samarinda, Balikpapan, Batam, Medan, Bau bau, Kendari, Palu, Manado dan Makassar dengan 40 Layar Bioskop.

Silariang yang diambil dari Bahasa Makassar yang artinya kawin lari ini, Film ini mencoba memindahkan teori dan penerapan prinsip Siri’ Na Pacce ke dalam bahasa gambar kepada masyarakat umum agar lebih mudah memahami konsep dan budaya ‘siri’ di tengah tengah kehidupan masyarakat Bugis – Makassar. Makna Siri di sini berhubungan dengan harga diri atau harkat dan martabat pribadi dan keluarga.

Salah satu pemeran dalam film ini Wandi Daeng Kulle yang kebetulan juga berlatar pemerhati budaya dan penyiar Radio Gamasi FM menjelaskan, bahwa film ini ingin menggambarkan, bahwa orang Bugis Makassar itu meletakkan harga diri di atas segala galanya yang bahkan terkadang harus mengorbankan keluarga dan kebahagiaannya demi “Siri'” tetapi disisi lain mampu melakukan apa saja demi prinsip “Pacce” ini dan setiap perkataan dari orang Bugis Makassar adalah sebuah komitmen dan Janji yang harus ditepati, apapun yg terjadi.

Hal inilah yang kemudian diangkat dalam mengusung film Silariang dengan tujuan masyarakat dapat mengambil pelajaran positif dari cerita itu.

Pemeran utama yakni Syamsia alias Cia (Dinda Surbakti) dan Ali (Jeyhan Kler) menjadi kunci cerita dari sepasangan sejoli yang harus menghadapi jalan terjal dalam menggapai cinta mereka. Remuk, rapuh mempertahankan kisah kasih yang dipenuhi cerita dendam masa silam untungnya mereka punya keluarga seperti Mamak Ramlah dan Sahabat sahabat setia seperti Ikram Noer dan Noer Fadillah

Selain itu, film ini juga didukung oleh Ketua PARFI Sulsel (Persatuan Artis Film Indonesia) DPD Sulsel yg berperan sebagai orangtua Syamsia, Syahriar Tato bersama Efa Slamet dan Mantan Ketua PWI Sulsel Zulkifli Gani Otto yang berperan sebagai orang tua Ali bersama artis KDI Makassar Ika yang sekaligus mengisi Soundtrack Film ini yang mengangkat kembali sebuah lagu Bugis Ciptaan Almarhum H. Djafar Abu yang pernah di populerkan oleh Anci Laricci dan Meity Baan di era 80an, SAJENG RENNU.

Selain itu ada nama Wandi dan Nojeng yang juga pembawa acara PACARITA di Radio Gamasi FM Makassar dan iNews TV Makassar yang menjadi pemeran pendukung Film ini.

Tak kalah pentingnya dalam menghidupkan alur cerita film ini. Dialek bahasa daerah yang masih kental, juga dukungan setting lokasi syiting film ini akan membuat penonton merasa dekat dan lebih memahami budaya Bugis – Makassar.

Meskipun pemain film “Silariang” ini menampilkan pemain dari Makassar, namun kata Wandi, dari serangkaian talkshow dan kunjungan ke media media maupun undangan dari berbagai komunitas makassar dirinya dan teman tetap optimistis dapat menggaet simpati masyarakat, terbukti dengan sambutan sambutan masyarakat maupun media yang dikunjungi, bahkan menurut info dari pihak studio XXI hingga hari kedua penjualan tiket di bioskop Makassar sudah Sold out yang berarti animo masyarakat terhadap Film produksi Makassar ini cukup besar seperti Film Film sebelumnya dan semoga bisa mencapai jumlah penonton yang sama seperti Film Film Produksi Makassar lainnya yang di putar secara nasional

Penjualan tiket lebih awal memang dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya penonton yang tidak kebagian tiket pada saat peluncuran perdana film Silariang di Makassar pada 2 Maret Mendatang dan XXI telah membuka ‘presale’ atau penjualan tiket lebih awal pada 23 Februari 2017. (rls/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Barcelona Keok, Neymar Tertawa

POJOKSULSEL.com – Akun Twitter resmi Paris Saint-Germain (PSG) menjadi pembicaraan setelah memposting foto Neymar sedang tertawa lepas dalam latihan. Foto …