Taufan Pawe: Kami Punya Konsep, Pasar Parepare Terbersih di Indonesia

Walikota Parepare Taufan Pawe saat meninjau langsung Pasar Tradisional Sindu, Bali. Rencananya pasar serupa akan dibangun di Kota Parepare.

Walikota Parepare Taufan Pawe saat meninjau langsung Pasar Tradisional Sindu, Bali. Rencananya pasar serupa akan dibangun di Kota Parepare.

KOTA Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) dicanangkan sebagai Daerah Tertib Ukur (DTU) oleh pemerintah pusat melalui Kementrian Perindustrian dan Perdagangan. Acara penandatanganan itu berlangsung di Kota Badung, Provinsi Bali.

Kota kelahiran presiden ke-3, BJ Habibie, itu bahkan menjadi satu-satunya Daerah di Provinsi Sulawesi Selatan, mendapat kepercayaan dalam upaya mengimplementasikan program pemerintah pusat, dalam bidang kualitas pasar tradisional dan transaksi perdagangan.

 

Pasca pencanangan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare langsung bergerak cepat.

Walikota Parepare‎ DR HM Taufan Pawe SH. MH, mengatakan, sejak awal kepemimpinannya 3 tahun lalu dirinya sudah memiliki konsep menjadikan pasar tradisional di kotanya sebagai pasar terbaik dan terbersih di Indonesia.

“Upaya untuk merealisasikan hal itu tentu membutuhkan waktu. Ada beberapa kendala yang harus kami atasi terlebih dahulu,”tulis Taufan Pawe, di tengah me‎lihat langsung suasana asri di lingkungan Pasar Tradisional Sindu, Sanur, Bali. Sabtu (25/2/2017).

Pasar Sindu, Bali, sendiri adalah pasar, yang pernah dinobatkan sebagai pasar terbaik se-Asia Tenggara.

Namun, lanjut kata Taufan, bukan berarti rencana untuk menjadikan pasar di Parepare serupa dengan pasar di Sanur Bali, itu tidak terealisasi dalam waktu dekat.

Dia mengungkapkan, pemerintah kota melalui Kantor Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), dan Dinas Perindag tengah menyiapkan anggaran untuk pemberdayaan salah satu pasar tradisional yang memiliki konsep ramah lingkungan, nyaman dan bersih.

“Insya Allah. Akan ada juga pasar di kota kami yang tentu tak kalah baiknya dengan pasar di Sanur, Bali, ini,” ungkap Taufan Pawe.

Sementara itu, Kepala Bagian Kehumasan dan Protokoler Pemkot Parepare, H. Amarun Agung Hamka, menambahkan, salah satu pasar yang direncanakan akan dijadikan pasar terbaik adalah pasar tradisional Sumpang Minangae.

Dia mengatakan, Walikota telah berkomitmen menjadikan kota Parepare sebagai kota yang berkembang dari berbagai bidang.

Tujuan dari hal itu, kata dia, untuk peningkatan perekonomian dalam upaya mensejahtrakan masyarakat Parepare.

“Bukan tanpa alasan pembangunan terus digenjot. Jadi, program pembangunan yang selama ini dilakukan tak lain hanya untuk ‎kepentingan masyarakat,” ungkap Hamka.

(sps/pemkotpare/pojoksulsel)



loading...

Feeds

danny-indira

SAH! Demokrat Usung Danny-Indira

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – DPP Partai Demokrat telah memutuskan kandidat usungan di Pilkada Kabupaten Kota se Sulawesi Selatan 2018 mendatang. Pengambilan …