Kota Mamuju Terendam Banjir, Terparah di Kompleks Pemda

Bencana banjir terjang Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat (25/2/2017). | DOK. AKBAR ALI

Bencana banjir terjang Kabupaten Mamuju, Sulbar, Jumat (25/2/2017). | DOK. AKBAR ALI

SETELAH diguyur hujan selama beberapa jam, sejumlah titik di Kota Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), terendam banjir, Jumat(24/02/17). Kondisi terparah di Jalan Cik Ditiro, Kompleks Pemda Mamuju.

Di lokasi itu, puluhan rumah warga dan sejumlah rumah kos dikawasan ini terendam banjir.

Salah seorang warga Kompleks Pemda, Maman mengatakan, banjir disebabkan air laut mengalami pasang, sementara di kawasan Kompleks Pemda diperparah lantaran adanya pekerjaan tanggul drainase.

“Mungkin lagi pasang lagi air laut Pak, sementara di kawasan kami ini ada pekerjaan tanggul drainase jadi tanggul penahan air yang ada dirobohkan karena mau dikerja ulang, pada saat terjadi kondisi seperti ini tidak ada lagi yang menahan air dan langsung meluber masuk ke pemukiman warga,” tutur Maman

Sementara warga lainnya, Bakri mengaku tidak menduga kejadian ini. “Saya tidak sangka-sangka juga ini, karena tidak biasanya ada banjir sampai tinggi begini di kawasan Kompleks Pemda. Di rumah saya air tingginya sampai lutut orang dewasa, habis semua barang-barang dan perabotan rumah tangga terendam air. Yah mau bagaimana lagi namanya juga musibah,” ungkap Bakri.

Dari musibah banjir di Mamuju, sejumlah warga mengalami kerugian yang ditaksir mencapai jutaan rupiah. Meski demikian warga hanya bisa pasrah sambil mengamankan barang berharga miliknya.

Warga berharap instansi terkait dapat mencanangkan program pencegahan banjir, salah satunya dengan melakukan normalisasi sejumlah muara drainase pembuangan yang mulai mengalami pendangkalan. Termasuk pengerukan gundukan sampah disejumlah titik saluran pembuangan, dan menerapkan sanksi tegas bagi warga yang gemar membuang sampah sembarangan.

Citizen Reporter:

Akbar Ali



loading...

Feeds

1498518830392

Sadis, Suami Bunuh Istri di Makassar

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Warga Jalan Karunrung Raya, Kelurahan Karunrung, Kecamatan Rappocin, Makassar, digemparkan dengan terungkapnya pembunuhan terhadap Riska Safitri (20) …