Sengketa Pilgub Sulbar, Ini Warning Kuasa Hukum Abang

Hatta Kainang

Hatta Kainang

POJOKSULSEL.com, MAMAUJU – Tim advokat atau kuasa hukum pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulbar 2017, Ali Baal Masdar-Enny Anggaeny Anwar (Abang) meminta kepada pihak-pihak yang terkait dengan proses Pilgub Sulbar, untuk tidak melakukan rekayasa laporan pelanggaran yang seolah-olah terjadi.

Dengan maksud untuk mempengaruhi hasil rekapitulasi. Salah seorang kuasa hukum Abang, Hatta Kainang mengungkapkan bahwa upaya rekayasa itu menjadikan Panwas dan Bawaslu sebagai tempat bergantung sebuah rekomendasi. Dengan target adanya perhitungan ulang atau Pemungutan Suara I (PSU).

“Kalau benar terjadi, jelas ini adalah delik pidana umum yang merupakan kewenangan Polri. Karena itu kami meminta kepada Panwas dan Bawaslu untuk cermat, teliti dan kritis terhadap setiap laporan yang masuk,” katanya melalui rilis di WhatsApp messenger, Jumat (23/02/2017).

Jangan sampai, lanjutnya, terjadi modus pengorbankan diri. Seolah-olah melakukan pelanggaran dengan target diproses.

“Bagi kami proses laporan pelanggaran ada batas waktu dan setiap rekapitulasi telah selesai. Ini warning bagi para pemain. Jangan Coba Coba hal itu,” tegas Hatta.

Tim advokat Abang juga meminta Panwas, Bawaslu dan KPU kabupaten maupun provinsi untuk professional dan kritis. Tidak mudah diintervensi, sehingga proses politik di Sulbar tidak menjadi gaduh.

“Setiap laporan yang masuk ke Panwas dan Bawaslu akan kami cermati kemurniannya. Sebab bisa jadi laporan itu hanya rekayasa, dengan sengaja mengorbankan diri demi sebuah kepentingan pihak-pihak yang terkait Pilkada,” katanya.

Hatta kembali mengingat, KPU provinsi dan Bawaslu harus taat dengan tahapan Pilkada yang telah disepakati.

Diketahui, hasil perhitungan suara Pilgub Sulbar 2017 dari 3 pasangan kandidat yang bertarung ada perbedaan suara yang sangat tipis.

Sebagaimana diberitakan, pada perhitungan tingkat KPU di 6 kabupaten di Sulbar, pasangan nomor 3 Ali Baal Masdar-Enny Anggeraeni (Abang) menang unggul tipis atas pasangan Suardi Duka-Kalma Katta (Suka).

Paslon Suka meraih suara 240.055 suara atau 38,01 persen, Salim-Hasan sebanyak 146.774 suara atau 23,24 persen dan Abang sebanyak 244.771 suara atau 38,75 persen.

(herman mochtar/pojoksulsel)



loading...

Feeds

pilgub sulsel, pilgub sulsel 2018, nurdin halid, nh pilgub sulsel, pilgub sulsel nh, pilgub sulsel na, nurdin abdullah, pilgub sulsel nurdin abdullah, jk nurdin, opini, opini jk nurdin

Pak JK Pasti Mendukung Nurdin

TIBA-tiba viral di media sosial, foto-foto pertemuan empat sosok penting Sulsel. Foto pertama, foto dimana Pak JK tampak duduk di …