Wabup Lutim Kunjungi Korban Kebakaran Pasar Sorowako

Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam langsung meninjau lokasi pasca terjadinya kebakaran yang menghanguskan ratusan kios dan los di Pasar Sorowako Kecamatan Nuha, Kamis (23/02/2017)

Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam langsung meninjau lokasi pasca terjadinya kebakaran yang menghanguskan ratusan kios dan los di Pasar Sorowako Kecamatan Nuha, Kamis (23/02/2017)

POJOKSULSEL.com, SOROWAKO – Wakil Bupati Luwu Timur Irwan Bachri Syam langsung meninjau lokasi pasca terjadinya kebakaran yang menghanguskan ratusan kios dan los di Pasar Sorowako Kecamatan Nuha, Kamis (23/02/2017)

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari tadi. Meski tak ada korban jiwa namun ratusan kios rata dengan tanah.  Hanya tersisa sebanyak  58 kios yang selamat dari lalapan si jago merah. Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Irwan mengimbau seluruh masyarakat kota Sorowako untuk tetap waspada dan menghindari hal-hal atau tindakan yang dapat menimbulkan bahaya kebakaran.

“Sebagai pemerintah, saya mengajak seluruh warga masyarakat, marilah kita bersama-sama waspada dan senantiasa mendoakan daerah tercinta kita ini agar dijauhkan dari segala bentuk bencana,” imbau Irwan Bahcri Syam

Di hadapan para korban, Irwan mengatakan untuk sementara waktu solusi yang bisa dilakukan membagi dua  tempat berjualan.  Sebagian pedagang boleh berjualan di tepi jalan Pasar Sorowako dan sebagian pedagang lainnya, direlokasi ke Pasar Tapuondao yang ber lokasi di Sumasang Kecamatan Nuha.

“Ini solusi sementara yang bisa kami tawarkan bagi para korban. Langkah ini harus kita ambil cepat agar aktivitas perdagangan di kecamatan nuha tetap berjalan,” kata Irwan.

Sementara untuk solusi jangka panjang, kata Irwan, pemerintah daerah akan segera membangun kembali Pasar Sorowako dengan penataan yang lebih modern dan lebih bersih dan membuat pengunjung ataupun pembeli menjadi lebih nyaman.

Irwan merincikan berdasarkan data yang diterimanya jumlah kios yang ada dalam pasar sebanyak 364 kios sementara yang terbakar 306 kios, dengan jumlah pemilik 151 orang. Ia juga mengakui tidak ada korban jiwa tapi perkiraan kerugian mencapai miliaran rupiah .

Orang nomor dua di Luwu Timur ini juga memerintahkan Tagana, Sapol PP, Pemadam Kebakaran, BPBD Lutim serta para Relawan untuk terjun kelokasi kebakaran membantu para korban untuk memberikan penanganan pasca bencana, termasuk bekerja sama dengan pemerintah setempat untuk membangun tenda besar untuk dijadikan Posko Penanggulangan Bencana.

Untuk meringankan beban para korban bencana kebakaran ini, pihaknya juga sudah memerintahkan Dinas Sosial dan BPBD menyalurkan bantuan sembako dan bantuan lainnya yang dibutuhkan. (bayu/pojoksulsel)



loading...

Feeds