KNPI Sulsel Rancang Desa Ramah Anak

KNPI Sulsel Rancang Desa Ramah Anak

KNPI Sulsel Rancang Desa Ramah Anak

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Komisi Perlindungan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulsel berencana merancang desa ramah anak, menuju Kota/Kabupaten Layak Anak.

Rencana perancangan desa ramah anak ini disampaikan langsung Komisi PPKB KNPI Sulsel bersilaturahmi dengan Kepala Dinas Dinas Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sulsel Andi Murlina, di Kantor Dinas PPPA Sulsel, Kamis (23/2/2017).

PPP2 Sulsel mendukung penuh kegiatan desa ramah anak ini. Pada pertemuan itu, Komisi PPKB dan Dinas PPPA Sulsel, banyak sharing mengenai program-program yang akan dilaksanakan sepanjang tahun 2017 ini.

Ketua Komisi PPKB KNPI Sulsel Henny Handayani mengatakan, salah satu program yang digagas adalah membuat desa binaan, khususnya desa ramah anak. Apalagi, program kabupaten dan kota layak‎ memang sudah menjadi program nasional.

“Jika semua desa ramah anak, maka hampir setengah dari persoalan bangsa yang ada saat ini akan selesai,” kata Henny.

Selain itu, ada beberapa program perlindungan dan pemberdayaan perempuan lainnya, yang bisa disinergikan dengan Dinas PPPA Sulsel. Seperti, mendorong keterlibatan perempuan di berbagai sektor untuk mempercepat pembangunan di Sulsel.

Sementara Kepala Dinas PPPA Sulsel‎, Andi Murlina menyambut baik rencana pembentukan desa binaan ramah anak tersebut. Apalagi di Sulsel, baru satu daerah yang ditetapkan sebagai Kabupaten Layak Anak.

“Untuk menjadikan sebuah daerah layak anak, ada 31 indikator yang harus dipenuhi. Jika memang ini menjadi program KNPI, kami siap memfasilitasi,” kata Andi Murlina.

Andi Murlina juga menantang Komisi PPKB KNPI Sulsel untuk melakukan penelitian, penyebab tingginya tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, sekaligus solusi apa yang ditawarkan kepada pemerintah untuk mengatasi tersebut. Ia juga meminta peran Komisi PPKB KNPI untuk ikut terlibat dalam advokasi perempuan dan anak.

Murlina menyebutkan, Dinas PPPA Sulsel menitikberatkan pada beberapa program. Antara lain, pengarusutamaan gender, pemenuhan kualitas hidup perempuan, peningkatan kualitas keluarga, dan perlindungan perempuan di sektor formal maupun informal.

“Semoga KNPI secepatnya merealisasikan program desa binaan ini. Kami sangat terbuka dan siap mensupport apa yang akan dilaksanakan, khususnya dalam hal pemenuhan kualitas hidup perempuan,” ‎harapnya.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Hary Tanoesoedibjo

Bela Hary Tanoe, Ketum HMI Diprotes

KETUA Umum PB HMI Mulyadi P Tamsir‎ disemprot rekan-rekannya gara-gara pasang badan membela Hary Tanoesoedibjo. Langkah pasang badan tersebut menurut Ketua Umum …
1498518830392

Sadis, Suami Bunuh Istri di Makassar

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Warga Jalan Karunrung Raya, Kelurahan Karunrung, Kecamatan Rappocin, Makassar, digemparkan dengan terungkapnya pembunuhan terhadap Riska Safitri (20) …