Stok Blangko Kosong, Pengurusan E-KTP di Disdukcapil Makassar Terhambat

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Makassar, Nielma Palamba mengungkapkan, layanan masyarakat terkait penerbitan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), saat ini terkendala oleh ketersediaan blangko.
“Di 15 kecamatan yang ada di Makassar, jumlah daftar tunggu penerbitan e-KTP sudah mencapai kurang lebih 1.000 orang. Daftar tunggu tersebut terhitung sejak bulan Oktober 2016 lalu,” ungkapnya saat dihubungi, Rabu, (11/1/2016).
Nielma juga mengungkapkan, jumlah masyarakat yang melakukan perekaman e-KTP setiap harinya, mencapai kurang lebih 150 orang, sementara untuk tiga bulan belakangan, ketersediaan stok blangko e-KTP kosong.
“Kalau dihitung, rata-rata perhari masyarakat yang merekam di seluruh kecamataan itu kurang lebih 150 perhari di kali 25 hari kerja, itu belum termasuk Januari. Namun, karena sudah tiga bulan blanko e-KTP kosong, maka mereka masuk daftar tunggu,” jelasnya.
Ia mengatakan pihaknya yang saat ini berada dibawah struktur pemerintah pusat tidak bisa menjelaskan kondisi yang hampir dijumpai dan dialami di seluruh kota/kabupaten se-Indonesia ini. Pasalnya, terkait pengadaan blangko e-KTP tersebut merupakan kewenangan pusat.
“Saat ini belum bisa saya beri penjelasannya, karena itu kewenangannya di pusat. Kami hanya tetap bekerja sesuai tugas dan fungsi pokok (tupoksi), yakni melakukan perekaman.
Meski begitu, Nielma mengaku jika pihaknya akan tetap melayani masyarakat yang ingin mengurus data atau identitas kependudukan. Disdukcapil akan memberlakukan surat keterangan sementara.
“Meski terkendala blangko kosong, kita membuat solusi dalam bentuk surat keterangan sementara, sambil menunggu. Surat keterangan sementara tersebutlah yang diberlakukan dan itu beredar di masyarakat sekarang. Kami juga sudah mengeluarkan surat edaran soal itu ke sejumlah instansi dan Surat keterangan ini bisa digunakan untuk keperluan administrasi,” jelasnya.
(chaidir pratama/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Anji Manji

Anji: Saya Bukan Menjual Sensasi

POJOKSULSEL.com – Penyanyi Anji telah mempersiapkan sejumlah karyanya yang akan dirilis pada tahun 2018 mendatang. Salah satunya, dikatakannya, yakni kolaborasi …