TKA Ilegal Asal Tiongkok Serbu Pinrang, Segini Jumlahnya

Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok di Pinrang. | POJOKSULSEL - JUNAEDY

Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok di Pinrang. | POJOKSULSEL - JUNAEDY

POJOKSULSEL.com, PINRANG – Bupati Pinrang Aslam Patonangi menyebutkan, jumlah Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Tiongkok di daerah tersbeut capai 28 orang. Tapi, hasil penelusuran pojoksulsel menyebutkan, jumlah di lapangan jauh lebih banyak.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pinrang, jumlahnya saat ini sudah mencapai 65 orang. Hal itu dibenarkan Kabid Ketenagakerjaan Disnakertras Kabupaten Pinrang, Sitti Fatimah, Senin (8/1/2017).

 

“Saat ini, sesuai data kami jumlahnya 65 orang. Namun pihak perusahaan akan memulangkan tenaga kerja asing itu sebanyak 30 orang dalam waktu dekat ini,” jelas Fatimah.

Mengenai alasan pemulangan, Fatimah mengungkapkan, 30 TKA itu telah habis atau selesai masa kontraknya dengan pihak perusahaan.

“Kontraknya sudah habis, jadi pihak perusahaan yang akan memulangkan mereka,” jelasnya.

Terkait persoalan izin, Fatimah mengakui, dari 65 tersebut hanya 12 yang sudah mengantongi surat Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA).

“Dari 65, hanya 12 yang sudah mengantongi IMTA. Kami sudah layangkan surat teguran, dan pihak perusahaan menjelaskan bahwa sisanya sudah proses pengurusan,” ungkap Fatimah.

Ditanya mengenai legalitas para TKA yang telah bekerja sekian lama di Pinrang, dan bahkan sudah ada 30 orang yang habis kontrak tapi tidak memiliki IMTA, Fatimah mengaku jika memang hal itu telah melanggar aturan.

“Kalau sesuai aturan, harusnya mengantongi IMTA dulu baru bisa bekerja sehingga memilki legalitas sebagai TKA,” aku Fatimah.

Untuk sanksi pelanggaran aturan itu, Fatimah tidak bisa menjawab detail dan hanya menjelaskan jika pihaknya selalu berkoordinasi masalah ini dengan pihak Polres Pinrang dan Imigrasi Parepare.

“Yang bisa mendeportasi kan pihak Imigrasi, bukan kami,” kilahnya

(junaedy/pojoksulsel)



loading...

Feeds

IYL-Cakka

IYL: Mari Ciptakan Politik Santun

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Rapat Koordinasi (Rakor) jaringan pemuda dan mahasiswa untuk Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), sukses digelar di Hotel …
Indra Sjafri

PSSI: Terima Kasih Indra Sjafri

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Indra Sjafri sudah resmi tidak menangani lagi Timnas Indonesia U-19. Kepastian itu diungkapkan PSSI pada jumpa pers …
Setya Novanto

Ini Kata Setnov Soal Tahanan KPK

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto sudah dua hari menginap di rumah tahanan lembaga antirasuah …
Andi Sudirman Sulaiman

Sudirman Sulaiman Sasar 70 Desa di Wajo

POJOKSULSEL.com, WAJO – Menyusuri desa-desa, menyapa dan mendengarkan harapan serta keluhan masyarakat menjadi bagian yang menarik dari aktifitas bakal calon …