Ini Akibatnya Kalau Bupati Katingan ‘Hajar’ Farida Yeni Saat Datang Bulan

Farida Yeni dan Ahmad Yatenglie

Farida Yeni dan Ahmad Yatenglie

POJOKSULSEL.com – Sejumlah fakta tentang perselingkuhan Bupati Katingan Ahmad Yantenglie dengan istri polisi, Farida Yeni, membuat sejumlah pihak tercengang.

Saat ini, keduanya sudah ditetapkan menjadi tersangka. Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Kalteng menjerat pasangan tersebut dengan pasal 284 KUHP tentang perzinaan.

Ancaman hukumannya mencapai sembilan bulan penjara. Untuk sementara, keduanya tidak ditahan, tapi hanya wajib lapor.

Beberapa fakta terkuak setelah keduanya menjalani pemeriksaan oleh pihak kepolisian. Pada malam sebelum peng­gerebekan, kedua insan mengaku telah melakukan hubungan badan sekali. Yang membuat tercengang, hubungan badan itu dilakukan saat Farida dalam kondisi menstruasi (datang bulan).

“Ya, benar, dia (Farida, Red) haid. Kalau malam itu, sekali (berhubungan badan, Red). Sebelum-sebelumnya juga pernah,” ujar Direskrimum Polda Kaltem Kombes Pol Gusde Wardana kepada Kalteng Pos (Jawa Pos Group) melalui telepon kemarin sore.

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Rumah Sakit Puri Cinere (RSPC) dr. Nurhasanah Puji Lestari, SpOG memberikan penjelasan secara lengkap tentang bahayanya berhubungan intim saat sedang haid.

1. Infeksi

Mengapa? Karena darah itu media yang baik untuk kuman. Hubungan seksual bisa saja merupakan cara masuk kuman ke dalam vagina. Saat menstruasi mulut rahim terbuka sehingga kuman yang dibawa dari luar atau kuman-kuman yang berhubungan dengan infeksi menular seksual lebih mudah masuk ke dalam rahim.

Infeksi lain yang juga menjadi lebih mudah ditularkan adalah HIV. Sebab cairan tubuh lebih banyak, yaitu darah. €œKalau penggunaan kondom hanya mencegah Infeksi menular seksualnya saja.

2. Risiko Endometriosis atau Kista Cokelat

Kasus ini dilaporkan meningkat. Sebab salah satu teori endometriosis adalah aliran darah haid kembali melalui tuba hingga bisa keluar rahim. Umumnya terjadi di rongga perut. Dengan aktifitas seksual memicu hal tersebut karena adanya mekanik atau dorongan.

“€œEndometriosis atau kista coklat. Kalau kista itu sebenarnya tumor jinak, sementara kanker kan tumor ganas. Hanya saja kista endometriosis meskipun jinak cukup berbahaya juga karena dapat menimbulkan beberapa gejala seperti nyeri haid, nyeri perut bawah, dan gangguan kesuburan,” kata dr. Puji, begitu wanita ini akrab disapa.

3. Perubahan Tingkat Keasaaman (PH)

Saat haid PH di vagina berubah. Sementara PH yang asam merupakan pertahanan vagina terhadap infeksi. Jadi risiko infeksi jamur dan bakteri meningkat juga karena perubahan PH.  Meski begitu tetap ada yang mendukung atau membolehkan berhubungan intim saat haid demi alasan orgasme dan dapat mengurangi nyeri karena PMS.

“€œKarena saat orgasme diproduksilah hormon endorfin. Yaitu hormon yang bisa memeberikan rasa senang sehingga meredakan badmood karena PMS,” jelasnya.

(cr1/JPG)



loading...

Feeds