Wajah Baru KPID Sulsel, Iswar: Buktikan Ini Bukan Kecelakaan Sejarah

Pegiat Remotivi/Rapotivi, Muhammad Iswar Ramadhan (kiri) bersama Ketua IKA UNM Andi Jamarro Dulung | Foto: Dokumentasi Pribadi

Pegiat Remotivi/Rapotivi, Muhammad Iswar Ramadhan (kiri) bersama Ketua IKA UNM Andi Jamarro Dulung | Foto: Dokumentasi Pribadi

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Remotivi/Rapotivi sebagai salah satu lembaga yang konsen terhadap isu penyiaran memberikan selamat sekaligus harapan atas terpilihnya anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Pegiat Remotivi/Rapotivi Muh Iswar Ramadhan mengatakan, komisioner KPID Sulsel yang didominasi wajah baru, mengembang tugas berat untuk meyakinkan masyarakat, jika terpilihnya mereka bukanlah suatu “kecelakaan” sejarah.

 

“Ucapan selamat atas terpilihnya ketujuh komisioner yang baru, tentunya banyak harapan rakyat sulsel yang dititipkan ke 7 orang yang terpilih ini,” kata Iswar kepada pojoksulsel, Sabtu (7/1/2017).

Iswar mengatakan, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan oleh komisioner KPID Sulsel. Di antaranya terkait transparansi KPID, di mana selama ini KPID kurang transparansi mengenai persoalan jumlah aduan yang diterima.

Kemudian jumlah sanksi yang dikeluarkan oleh KPID. Maupun jumlah penelitian KPID terkait penyiaran di Indonesia.

Transprasansi terhadap item-item itu dapat menjadi salah satu indikator integritas KPID dalam menjalankan fungsi sebagai pengawasan penyiaran di Indonesia.

“Data ini juga penting untuk digunakan oleh beberapa elemen masyarakat, khususnya yang tertarik pada isu penyiaran sebagai bahan advokasi dan penelitian lanjutan,” kata Iswar yang juga mahasiswa Pascasarjana Universitas Indonesia (UI).

Iswar menyebutkan, komisioner KPID merupakan wakil publik yang mengurusi bidang penyiaran. Walaupun terwakilkan, setidaknya publik memiliki hak untuk memberikan masukan, aduan, dan kritik melalui kanal aduan publik.

“Komisioner KPID harusnya memanfaatkan kanal ini, sebagai bentuk mengembalikan filosofi KPID sebagai wakil publik,” kata Iswar.

Iswar juga berharap, agar DPRD dalam waktu berkala mengevaluasi kinerja KPID. Hal ini perlu dilakukan supaya, progres kinerja KPID dapat dilihat dan dirasakan oleh masyarakat.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

IYL-Cakka

IYL: Mari Ciptakan Politik Santun

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Rapat Koordinasi (Rakor) jaringan pemuda dan mahasiswa untuk Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), sukses digelar di Hotel …
Indra Sjafri

PSSI: Terima Kasih Indra Sjafri

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Indra Sjafri sudah resmi tidak menangani lagi Timnas Indonesia U-19. Kepastian itu diungkapkan PSSI pada jumpa pers …
Setya Novanto

Ini Kata Setnov Soal Tahanan KPK

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto sudah dua hari menginap di rumah tahanan lembaga antirasuah …
Andi Sudirman Sulaiman

Sudirman Sulaiman Sasar 70 Desa di Wajo

POJOKSULSEL.com, WAJO – Menyusuri desa-desa, menyapa dan mendengarkan harapan serta keluhan masyarakat menjadi bagian yang menarik dari aktifitas bakal calon …