Sirkuit MotoGP di Indonesia Mulai Dibangun

Model sirkuit di Jakabaring, Palembang, sebagai persiapan tuan rumah MotoGP 2018. Sirkuit ini mulai dibangun tahun depan

Model sirkuit di Jakabaring, Palembang, sebagai persiapan tuan rumah MotoGP 2018. Sirkuit ini mulai dibangun tahun depan

SIRKUIT MotoGP Jakabaring akan segera dimulai pembangunan fisiknya pada 2017. Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi Sumatera Selatan telah melengkapi pra-desain Sirkuit Jakabaring untuk dijadikan sebagai salah satu persyaratan dalam penyusunan Detail Enginering Design (DED).

Kabid Perumahan dan Tata Bangunan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sumsel Aminuddin menjelaskan, pembangunan fisik Sikuit MotoGP Jakabaring masih menunggu terselesaikannya DED. Dengan adanya desain sirkuit yang oleh konsultan asal Jerman Hermann Tilke. Penyusunan rancangan sirkuit menjadi lebih lengkap, sebagai pra desain.

 

“Pra desain juga sudah lengkap. Desain (Helmal Tilke) ini juga akan dijadikan DED. Pembangunan fisik dipastikan tahun ini,” tegasnya, Rabu (4/1/2016), seperti dilansir RMOL Sumsel.

Sirkuit MotoGP Jakabaring bakal mempunyai panjang lintasan 4.314 meter, dengan ideal line sepanjang 4.279 meter. Dengan kecepatan tertinggi 303 km/h, lintasan tersebut akan mampu ditempuh dalam waktu 89,8 detik, dengan kecepatan rata-rata 171 km/h.

Proses pembangunan sirkuit MotoGP ini diperkirakan akan memakan waktu hingga 17 bulan, lebih lama dibandingkan rencana sebelumnya yakni 14 bulan. Dengan memakan waktu itu, sudah termasuk pembangunan gedung, tribun penonton, dan fasilitas lainnya.

Nantinya, Sirkuit MotoGP Jakabaring memiliki sembilan tribun yang mampu menampung 130 ribu penonton dan kantor administrasi. Dari sembilan tribun, ada tribun yang dapat menampung paling sedikit 7.500 penonton dan paling banyak dapat menambung hingga 21 ribu penonton.

Selain itu, ada ruang media, winner podium, VIP lounge, briefing driver, kitchen, paddock area, welcome center ticketing, parking, medical center, pilt building, main grandstand, CIK karting area, workshop area, dan beberapa ruang lainnya.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, pihaknya terus berusaha menyelesaikan Detail Enginerring Design (DED) Sirkuti Moto GP. “Nunggu sudah selesai DED, (DED) lagi digawekan,” tegasnya.

Dia menambahkan, telah banyak investor yang tertarik menanamkan investasinya di Sirkuit Moto GP jakabaring, mulai dari investor dari dalam negeri, hingga investor dari luar negeri. Guna mempercepat terselesaikannya sirkuit yang didesain oleh konsultan asal Jerman Hermann Tilke. “(Investor) sudah ada, lagi di cari yang terbaik,” imbuhnya.

Sirkuit MotoGP jakabaring, yang rencanya dibangun di atas lahan seluas 120 hektar, akan menjadi kebanggaan Wong Sumsel. Banyak daerah yang ingin membangun fasilitas tersebut seperti, Bali, Banten, serta daerah lainnya.

(rik/ira/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds

Golkar Resmi Usung Ibu Menteri

POJOJSULSEL.com – Partai Golkar resmi mengusung Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa dan ‎Bupati Trenggalek Emil Dardak, dalam Pilgub Jawa …
golkar maros, golkar sulsel, musda golkar maros, calon ketua golkar maros, ketua golkar maros, kandidat ketua golkar maros

Kader Muda: Golkar Kalah dari Setnov

POJOKSULSEL.com – Inisiator Generasi Muda Partai Golkar Mirwan Bz Vauly mengatakan, hasil pleno DPP PG menunjukkan bahwa partai berlambang pohon beringin itu …