Lakukan Hal Ini untuk Cegah Serangan Jantung

Ilustrasi

Ilustrasi

JIKA Anda sudah berusia setengah baya dan bahkan memiliki salah satu faktor risiko penyakit kardiovaskular, Anda mungkin perlu statin untuk mencegah stroke atau serangan jantung. Hal ini berdasarkan rekomendasi baru dari pemerintah yang didukung AS Preventive Services Task Force (USPSTF ).

Dalam rekomendasi terakhir, USPSTF fokus pada siapa yang harus mendapatkan pengujian untuk kolesterol dan trigliserida.

 

Kini, USPSTF mengatakan semua orang dewasa usia 40 tahun hingga 75 tahun harus diskrining untuk kolesterol tinggi dan beberapa dari mereka harus menerima statin untuk mencegah penyakit kardiovaskuler di masa depan.

“Penyakit kardiovaskular serius bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke dan bertanggung jawab atas satu dari setiap tiga kematian orang dewasa di AS,” kata Juru Bicara USPSTF, Dr. Doug Owens, seperti dilansir laman Lifescript.

“Orang-orang yang tidak ada riwayat penyakit kardiovaskular masih bisa terkena risiko dan obat yang disebut statin bisa membantu mengurangi risiko itu,” jelas Owens lebih lanjut.

Menurutnya, The Task Force merekomendasikan bahwa orang-orang yang memiliki risiko tinggi mengalami serangan jantung atau stroke selama 10 tahun ke depan dan yang memiliki faktor risiko termasuk kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes dan perokok harus mempertimbangkan untuk mengambil statin.

Selain itu, orang-orang dengan risiko yang lebih rendah juga bisa mengambil manfaat dari mengonsumsi statin.

“Sangat penting bahwa mereka yang berisiko terserang kardiovaskuler harus mengkonsultasikan penyakit mereka dengan dokter perawatan primer mereka untuk menentukan apakah mengambil statin untuk pencegahan akan bermanfaat bagi mereka,” ujar Owens.

Terlepas dari risiko penyakit jantung, semua orang bisa menurunkan kemungkinan bahwa mereka akan terkena serangan jantung atau stroke dengan tidak merokok, makan makanan yang sehat, terlibat dalam aktivitas fisik dan membatasi penggunaan alkohol.

Mengelola tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi dan mengambil aspirin juga bisa membantu.

(jpnn/pojoksulsel)



loading...

Feeds

IYL-Cakka

IYL: Mari Ciptakan Politik Santun

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Rapat Koordinasi (Rakor) jaringan pemuda dan mahasiswa untuk Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), sukses digelar di Hotel …
Indra Sjafri

PSSI: Terima Kasih Indra Sjafri

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Indra Sjafri sudah resmi tidak menangani lagi Timnas Indonesia U-19. Kepastian itu diungkapkan PSSI pada jumpa pers …
Setya Novanto

Ini Kata Setnov Soal Tahanan KPK

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto sudah dua hari menginap di rumah tahanan lembaga antirasuah …
Andi Sudirman Sulaiman

Sudirman Sulaiman Sasar 70 Desa di Wajo

POJOKSULSEL.com, WAJO – Menyusuri desa-desa, menyapa dan mendengarkan harapan serta keluhan masyarakat menjadi bagian yang menarik dari aktifitas bakal calon …