Hasil Penelitian, Tinggal Dekat Jalan Raya Bikin Rawan Pikun

Ilustrasi

Ilustrasi

INGIN punya rumah di pinggir jalan raya demi alasan praktis dan bisa untuk usaha? Mungkin keinginan itu sebaiknya dibatalkan. Berdasarkan penelitian terkini, mereka yang tinggal di sebelah jalan raya yang sibuk punya risiko besar mengalami dementia alias pikun.

Dari penelitian yang dipublikasikan di Lancet, terungkap kalau 11 persen pasien pikun adalah mereka yang tinggal setidaknya 50 meter dari jalan besar yang ramai. Peneliti yang merekam jejak 2 juta orang Kanada selama 11 tahun menyebutkan kalau polusi udara atau suara bising kendaraan bisa menjadi kontribusi penurunan fungsi otak. Penyebab utama kepikunan yang merenggut ingatan dan kekuatan otak itu masih belum dipahami sampai saat ini.

 

Penelitian Lancet tersebut dilakukan di provinsi Ontario, Kanada, antara tahun 2001-2012. Ada 245,611 kasus kepikunan dari tenggang waktu tersebut. Namun, risikonya semakin besar bila orang tersebut tinggal di dekat jalan besar.

”Meningkatnya populasi dan urbanisasi menempatkan banyak orang dekat dengan jalan yang padat. Butuh penelitian lanjutan untuk memahami hubungan antara jalan yang padat dengan kepikunan. Terutama mengenai aspek lain seperti polusi udara dan suara,” kata Dr Hong Chen, dari Public Health Ontario dan seorang penulis hasil penelitian.

Prof Martin Rossor, direktur penelitian dementia Institut Nasional untuk Penelitian Kesehatan Inggris, mengatakan kalau hasil penelitian itu sangat penting. ”Efeknya mungkin kecil, namun dengan prevelensi populasi penyekit yang besar, efek yang kecil tersebut bisa memberikan implikasi kesehatan yang penting,” katanya. Rossor menyatakan, saat ini saran terbaik untuk menurunkan risiko kepikunan adalah sesuatu yang sudah kita tahu sebelumnya. ”Berhenti merokok, berolahraga, dan makan sehat,” ulasnya.

(BBC/tia/pojoksulsel)



loading...

Feeds

kesehatan, bahaya obesitas, bahaya kegemukan, penyakit obesitas, obesitas, penyebab obesitas, penyebab kegemukan

Ini 4 Tanda Tubuh Anda Kurang Serat

POJOKSULSEL.com – Memenuhi kebutuhan serat sehari-hari merupakan langkah awal untuk menjaga kesehatan agar tubuh tetap prima. Sebab, kurang serat merupakan …