Polda Sulsel Tangani Kasus Penyebar Pesan Teror di Selayar

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani | DOK. POJOKSULSEL

Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani | DOK. POJOKSULSEL

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Kasus penyebar pesan teror dan radikalis lewat surat elektronik (email) dan akun Facebook di Kabupaten Kepulauan Selayar ditangani Unit Ciber Crime, Ditreskrimsus Polda Sulsel.

Pada kasus itu, polisi telah menetapkan Nur Rahmat Saleh (24) warga Jalan Petta Tejora nomor 2a Benteng, Kabupaten Kepulauan Selayar. Dia merupakan staf honorer di Badan Pertanahan Kabupaten Kelulauan Selayar.

 

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, atas tindakan pelaku menyebar pesan teror dan radikalis lewat email dan akun Fb kepada masyarakat Selayar. Ia dijerat Pasal 28 ayat (2) jo Pasla 45A ayat (2), UU 19/2016 tentang perubahan atas UU 11/2008 tentang ITE.

“Ancaman pidanya paling lama 6 tahun dan atau denda paling banyak Rp1 miliar,” kata Kabid Humas Kombes Dicky Sondani, Rabu (4/1/2016).

Dicky Sondani menyebutkan, pelaku mulai menyebarkan pesan teror dan radikalis lewat email dan facebook pada 29 Desember 2016. Selanjutnya, ia melakukan aksinya pada 2 Januari 2017.

Nur Rahmat Saleh mengirim pesan ke email bagian Humas Pemkab Kepulauan Selayar. Pesan itu pertama kali dibuka oleh staf Humas Pemkab Selayar Murah Kurniadi. Pesan yabg sama juga diunggah di akun Fb atas nama Salim Mubarok, salah satu petinggi ISIS.

Murah Setiadi pun langsung melaporkan hal ini ke piket Satuan Intelkam Polres Selayar. Kasus ini langsung diselidiki Unit Ciber Crime Polda Sulsel. Hingga pada Selasa (3/1/2017) malam, Nur Rahmat Saleh berhasil dibekuk di Kantor Pertanahan Selayar.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds

IYL-Cakka

IYL: Mari Ciptakan Politik Santun

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Rapat Koordinasi (Rakor) jaringan pemuda dan mahasiswa untuk Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka), sukses digelar di Hotel …
Indra Sjafri

PSSI: Terima Kasih Indra Sjafri

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Indra Sjafri sudah resmi tidak menangani lagi Timnas Indonesia U-19. Kepastian itu diungkapkan PSSI pada jumpa pers …
Setya Novanto

Ini Kata Setnov Soal Tahanan KPK

POJOKSULSEL.com, JAKARTA – Tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP Setya Novanto sudah dua hari menginap di rumah tahanan lembaga antirasuah …
Andi Sudirman Sulaiman

Sudirman Sulaiman Sasar 70 Desa di Wajo

POJOKSULSEL.com, WAJO – Menyusuri desa-desa, menyapa dan mendengarkan harapan serta keluhan masyarakat menjadi bagian yang menarik dari aktifitas bakal calon …