Pemprov Sulsel Harap Pembangunan Bandara Pongtiku Toraja Dirampungkan

Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang membuka Mubes Kombongan Sangtorayaan Makassar Tahun 2016 di Hotel Pour Points by Sheraton, Sabtu (10/12/2016). | POJOKSULSEL - MUH FADLY

Wagub Sulsel Agus Arifin Nu'mang membuka Mubes Kombongan Sangtorayaan Makassar Tahun 2016 di Hotel Pour Points by Sheraton, Sabtu (10/12/2016). | POJOKSULSEL - MUH FADLY

POJOKSULSEL.com, MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) meminta kepada Pemkab Toraja segera merampungkan pembangunan Bandara Pongtiku.

Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang mengatakan, masalah masalah teknis perampungan pembangunan Bandara Pongtiku di Toraja, mesti diselesikan sendiri oleh Pemkab Toraja bersama masyarakatnya.

“Saya minta kepada pemerintah dan masyarakat Toraja untuk secepatnya menyelesaikan masalah yang menghambat pembangunan Bandara Pongtiku, jangan terlalu lama tolong diselesaikan cepat,” kata Agus Arifin Nu’mang di sela sela acara pembukaan Musyawarah Besar Kombongan Sangtorayaan Makassar Tahun 2016 di Hotel Pour Points by Sheraton, Sabtu (10/12/2016).

Menurut Agus Arifin Nu’mang, untuk memajukan Toraja, khususnya di sektor Pariwisata mesti didukung oleh Bandara yang presntatif dan sesuai standar penerbangan. Hal ini agar memudahkan wisatawan mengakses Kabupaten Toraja.

“Khususnya dari manca negara akan senang berkunjung ke Toraja karena orang melakukan perjalanan tidak lagi berhitung jarak tempuh tetapi, mereka berhitung waktu tempuh. Kalau menggunakan pesawat tentu waktu tempuhnya singkat,” kata Agus Arifin Nu’mang.

Agus Arifin Nu’mang juga menegaskan Pemprov Sulsel akan terus mendukung pembangunan Bandara Pontoku di Toraja. Komitmen Pemprov untuk membangun Bandara Pongtiku di sejumlah daerah di Sulsel akan terus diperjuangkan. Misalnya pembangunan Bandara di Kabupaten Luwu, Kabupaten Kepulauan Selayar dan Kabupaten Toraja.

Ketua Kombongan Sangtorayaan Makassar, Litha Brent mengapresiasi perhatian Pemprov Sulsel untuk mendorong pembangunan kemasyarakatan infrastruktur di Toraja.

Litha meminta kepada warga Toraja yang berdomisili di Makassar, agar turut serta dan beperan aktif dalam pembangunan di Kota Makassar pada khususnya dan Sulawesi Selatan pada umumnya.

Menurut Litha, berkumpulnya para komunitas Toraja tersebut akan membahas berbagai kegiatan seperti acara Lovely December untuk menggugah orang Toraja yang ada di luar untuk pulang kampung.

(muh fadly/pojoksulsel)



loading...

Feeds