Demokrat Hormati Putusan Golkar, Pergantian Ketua DPR Mulus?

Ade Komaruddin dan Setya Novanto

Ade Komaruddin dan Setya Novanto

TAMPAKNYA pergantian Ketua DPR yang akan diambil persetujuannya di rapat paripurna sore ini dapat berjalan mulus. Sejumlah fraksi menyatakan menghormati apa yang menjadi keputusan dari Partai Golkar.

Salah satu fraksi partai yang menyatakan demikian yakni Fraksi Partai Demokrat.

“Kita menghargai dan menghormati apa yang sudah menjadi keputusan Golkar,” ujar Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Didik Mukrianto melalui pesan singkat, Rabu (30/11/2016).

Kata dia, persoalan pergantian ketua DPR menjadi kewenangan sepenuhnya dari DPP dan fraksi Partai Golkar yang tidak mungkin bisa dicampuri oleh partai lain. Sebab, ketua DPR menjadi jatah dari partai berlambang pohon beringin itu.

“Namun kami juga ingin memastikan bahwa prosesnya harus mengikuti mekanisme dan aturan main sebagaimana dimaksud dalam UU MD3 dan tata tertib DPR,” pungkas Didik.

Sebelumnya, DPP Partai Golkar memutuskan untuk mengembalikan jabatan Setya Novanto sebagai ketua DPR pada pekan lalu. Selang beberapa hari mereka langsung mengirimkan surat pergantian Akom menjadi Setnov ke fraksinya dan juga pimpinan DPR.

Semalam, Badan Musyawarah (Bamus) DPR pun digelar. Diputuskan bahwa membawa perkara pergantian jabatan Ketua DPR dari Akom ke Setya Novanto di rapat paripurna yang akan dilaksanakan hari ini.

(dna/JPG/pojoksulsel)



loading...

Feeds